AMALAN-AMALAN PALING UTAMA (KAJIAN HADIS KITAB RIYADHUS SHALIHIN)

AFDLOLUL-A’MAL

(117)- الأول: عن أبي ذر جُنْدبِ بنِ جُنَادَةَ - رضي الله عنه - ، قَالَ: قُلْتُ : يَا رسولَ الله، أيُّ الأعمالِ أفْضَلُ ؟ قَالَ : "الإيمانُ باللهِ وَالجِهادُ في سَبيلِهِ" . قُلْتُ : أيُّ الرِّقَابِ أفْضَلُ[1]؟ قَالَ : "أنْفَسُهَا عِنْدَ أهلِهَا وَأكثَرهَا ثَمَناً" .
1/117. Hadis pertama: Abu Dzarr Jundub bin Junadah radliyallahu ‘anhu berkata, “Saya bertanya, ‘Wahai Rasulullah, amalan apakah yang paling utama?’ Beliau menjawab, ‘Beriman kepada Allah dan berjihad di jalan-Nya.’ Saya bertanya lagi, ‘Memerdekakan hamba sahaya yang bagaimana yang paling utama?’ Beliau menjawab, ‘Sangat disayang pemiliknya serta yang paling mahal harganya.’

قُلْتُ : فإنْ لَمْ أفْعَلْ ؟ قَالَ : "تُعِينُ صَانِعاً أَوْ تَصْنَعُ لأَخْرَقَ" .
Saya bertanya lagi, ‘Seandainya saya tidak mampu mengerjakan demikian, maka apakah yang dapat saya lakukan?’ Beliau menjawab, ‘Kamu membantu orang yang bekerja atau kamu menyibukkan diri agar hidupmu tidak sia-sia’.

قُلْتُ: يَا رَسُول الله، أرأيْتَ إنْ ضَعُفْتُ عَنْ بَعْضِ العَمَلِ؟ قَالَ: "تَكُفُّ شَرَّكَ عَنِ النَّاسِ؛ فإنَّهَا صَدَقَةٌ مِنْكَ عَلَى نَفْسِكَ" مُتَّفَقٌ عليه.
Saya bertanya lagi, ‘Wahai Rasulullah, bagaimana jika saya tidak mampu melakukan sebagian pekerjaan itu?’ Beliau menjawab, ‘Janganlah kamu berbuat kejahatan kepada sesama manusia, karena sesungguhnya yang demikian itu termasuk sedekah untuk dirimu’.{Hr. Muttafaq ‘Alaih}[2]

"الصَّانِعُ" بالصاد المهملة هَذَا هُوَ المشهور، وروي "ضائعاً" بالمعجمة: أي ذا ضِياع مِنْ فقرٍ أَوْ عيالٍ ونحوَ ذلِكَ، "وَالأَخْرَقُ": الَّذِي لا يُتقِنُ مَا يُحَاوِل فِعلهُ .
Lafal al-Shaanii (الصانع) dengan menggunakan shad muhmalah, itulah yang masyhur. Namun, ada riwayat lain yang menyebutkan bahwa kalimat itu berbunyi dla’i-an (ضائعا) dengan mu’jamah (menggunakan dlad). Artinya ialah orang yang banyak kehilangan (kemusnahan), misalnya karena kefakirannya atau karena keluarga dan yang semisal dengan itu. Adapun al-Akhraqu (الأخرق) adalah orang yang tidak dapat membaguskan apa-apa yang sedang diusahakan untuk mengerjakannya.

v  Takhrij al-Hadits
1.       Bukhari, Shahih Al-Bukhari: al-‘Itqu, 2518.
2.       Muslim, Shahih Muslim: al-Iman, 136.
3.      Ahmad, Musnad Ahmad: Musnad Abi Dzarr, 330, 388, 531.

v  Syarah al-Hadits
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ قَالَ سُئِلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الْأَعْمَالِ أَفْضَلُ قَالَ إِيمَانٌ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ قِيلَ ثُمَّ مَاذَا قَالَ جِهَادٌ فِي سَبِيلِ اللَّهِ. قِيلَ ثُمَّ مَاذَا قَالَ حَجٌّ مَبْرُورٌ. (صحيح البخاري)
Dari Abu Hurairah radliyallahu ‘anhu ia berkata: Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya, “Amal-amal apakah yang paling utama?”. Nabi menjawab, “Iman kepada Allah dan Rasul-Nya.” Ditanyakan: “Kemudian apa?”. Nabi menjawab, “Jihad di jalan Allah.”[3]. Ditanyakan: “Kemudian apa?”. Nabi bersabda, “Hajji yang mabrur.” (HR. Shahih Al-Bukhari)

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ قَالَ قِيلَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيُّ الْأَعْمَالِ أَفْضَلُ قَالَ إِيمَانٌ لَا شَكَّ فِيهِ وَغَزْوٌ لَا غُلُولَ فِيهِ وَحَجٌّ مَبْرُورٌ وَكَانَ أَبُو هُرَيْرَةَ يَقُولُ وَحَجَّةٌ مَبْرُورَةٌ تُكَفِّرُ خَطَايَا تِلْكَ السَّنَةِ. (أحمد)
Dari Abu Hurairah radliyallahu ‘anhu ia berkata, ditanyakan: “Wahai Rasulullah, amal-amal apakah yang paling utama?”, Nabi menjawab, “Iman (yang) tiada keraguan padanya, perang (yang) tanpa ghulul padanya, dan hajji yang mabrur.” Abu Hurairah berkata, “Hajji yang mabrur akan menghapus dosa setahun itu.” (HR. Ahmad)

عَنْ ابْنِ مَسْعُودٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ رَجُلًا سَأَلَ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الْأَعْمَالِ أَفْضَلُ قَالَ الصَّلَاةُ لِوَقْتِهَا وَبِرُّ الْوَالِدَيْنِ ثُمَّ الْجِهَادُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ. (صحيح البخاري). و في أحمد: ... وَلَوْ اسْتَزَدْتُ لَزَادَنِي قَالَ حُسَيْنٌ اسْتَزَدْتُهُ.
Dari Ibnu Mas’ud radliyallahu ‘anhu, bahwa sanya seorang lelaki bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Amal-amal apakah yang paling utama?”, sabda Nabi, “Shalat pada waktunya dan berbakti kepada kedua orang tua, kemudian jihad di jalan Allah.” (HR. Al-Bukhari). dan pada riwayat Imam Ahmad: (Ibnu Mas’ud berkata:) “… dan kalaulah aku memintah menambah, pastilah Nabi telah menambahkan bagiku.

قَالَ أَبُو ذَرٍّ ، وَأَبُو هُرَيْرَةَ سُئِلَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم أَيُّ الأَعْمَالِ أَفْضَلُ قَالَ إِيمَانٌ بِاللَّهِ وَجِهَادٌ فِي سَبِيلِهِ وَقَالَ : {جَزَاءً بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ}. وَقَالَ وَفْدُ عَبْدِ الْقَيْسِ لِلنَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم مُرْنَا بِجُمَلٍ مِنَ الأَمْرِ إِنْ عَمِلْنَا بِهَا دَخَلْنَا الْجَنَّةَ فَأَمَرَهُمْ بِالإِيمَانِ وَالشَّهَادَةِ ، وَإِقَامِ الصَّلاَةِ ، وَإِيتَاءِ الزَّكَاةِ فَجَعَلَ ذَلِكَ كُلَّهُ عَمَلاً. (صحيح البخاري)
Abu Dzar dan Abu Hurairah radliyallahu ‘anhum berkata, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ditanya, “Amal-amal apakah yang paling utama?”, Nabi menjawab, “Iman kepada Allah dan jihad di jalan-Nya.” Dan Nabi membacakan ayat (Qs as-Sajdah/ 32: 17): “...sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan.[4] Dan berkata utusan ‘Abdul-Qais kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Perintahlah kami dengan sejumlah perintah yang jika kami mengamalkannya, Allah memasukkan kami ke syurga,” maka Nabi memerintahkan mereka untuk beriman, syahadat, menegakkan shalat, menunaikan zakat; maka ‘Abdul-Qais pun menjadikan itu semua sebagai amalan. (HR. Al-Bukhari)

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ حُبْشِيٍّ الْخَثْعَمِيِّ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سُئِلَ أَيُّ الْأَعْمَالِ أَفْضَلُ قَالَ إِيمَانٌ لَا شَكَّ فِيهِ وَجِهَادٌ لَا غُلُولَ فِيهِ وَحَجَّةٌ مَبْرُورَةٌ قِيلَ فَأَيُّ الصَّلَاةِ أَفْضَلُ قَالَ طُولُ الْقُنُوتِ قِيلَ فَأَيُّ الصَّدَقَةِ أَفْضَلُ قَالَ جَهْدُ الْمُقِلِّ قِيلَ فَأَيُّ الْهِجْرَةِ أَفْضَلُ قَالَ مَنْ هَجَرَ مَا حَرَّمَ اللَّهُ عَلَيْهِ قِيلَ فَأَيُّ الْجِهَادِ أَفْضَلُ قَالَ مَنْ جَاهَدَ الْمُشْرِكِينَ بِمَالِهِ وَنَفْسِهِ قِيلَ فَأَيُّ الْقَتْلِ أَشْرَفُ قَالَ مَنْ أُهَرِيقَ دَمُهُ وَعُقِرَ جَوَادُهُ. (أحمد)
dari Abdullah bin Hubsyi Al Khots'ami Nabi Shallallahu'alaihiwasallam ditanya tentang amalan apa yang paling utama? Beliau bersabda: "Iman yang tidak ada keraguan di dalamnya, jihad yang tidak ada ghulul (mengambil harta rampasan orang sebelum di bagikan) di dalamnya serta haji yang mabrur. Ditanyakan lagi: Shalat mana yang paling utama? Beliau bersabda: "Yang panjang waktu berdirinya" Ditanyakan: sedekah mana yang paling utama? Beliau bersabda: "Kesungguhan yang maksimal saat kondisi terdesak" Ditanyakan, hijrah mana yang paling utama? Beliau bersabda: "Berhijrah dari apa yang diharamkan oleh Allah padanya", Ditanyakan, jihad mana yang paling utama? Beliau bersabda: "Orang yang berjihad pada orang-orang musyrik dengan harta dan jiwanya" Ditanyakan, terbunuh bagaimana yang paling utama? Beliau Shallallahu'alaihiwasallam: "Orang yang terkucur darahnya, dan terbunuh kudanya." (HR Ahmad)

عَنْ مَاعِزٍ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ سُئِلَ أَيُّ الْأَعْمَالِ أَفْضَلُ قَالَ إِيمَانٌ بِاللَّهِ وَحْدَهُ ثُمَّ الْجِهَادُ ثُمَّ حَجَّةٌ بَرَّةٌ تَفْضُلُ سَائِرَ الْعَمَلِ كَمَا بَيْنَ مَطْلَعِ الشَّمْسِ إِلَى مَغْرِبِهَا. (أحمد)
dari Ma'iz dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bahwa beliau pernah ditanya mengenai amalan apakah yang paling utama. Beliau menjawab: "Yaitu, beriman kepada Allah, jihad di jalan Allah, dan Haji yang mabrur melebihi seluruh amal baik, sebagaimana jarak antara tempat terbitnya matahari hingga tempat terbenamnya." (HR. Ahmad)

(قَالَ: اَلْإِيْمَانُ بِا) إِذْ جَزَاؤُهُ الخُلُوْدَ فِيْ الجَنَانِ وَرِضَا الرَّحْمنِ وَلَا شَيْءَ فَوْقَ ذَالِكَ.
Sabda Nabi, “Al-Imanu bi” -iman dengan- (yaitu) karena balasannya adalah kekekalan di syurga-syurga dan ridha dari Allah yang Maha Pengasih dan tidak ada sesuatu pun yang di atas itu semua. (Daliilul-Faalihiin syarah Riyadlush Shalihin)


(وَالجِهَادُ فِيْ سَبِيْلِهِ) لِإِعْلَاءِ كَلِمَتِهِ.
sabda Nabi, “Dan jihad di jalan-Nya”, (yaitu) untuk meninggikan kalimat-Nya. (Daliilul-Faalihiin syarah Riyadlush Shalihin)

قال تعالى: { إِنَّ اللَّهَ اشْتَرى مِنَ الْمُؤْمِنِينَ أَنْفُسَهُمْ وَأَمْوالَهُمْ بِأَنَّ لَهُمُ الْجَنَّةَ } (التوبة:111)
Firman Allah Ta’ala, Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka.[5] (Daliilul-Faalihiin syarah Riyadlush Shalihin)

قُلْتُ: أيُّ الرِّقَابِ أفْضَلُ؟ قَالَ: "أنْفَسُهَا عِنْدَ أهلِهَا وَأكثَرهَا ثَمَناً". وقد قال تعالى: {لن تنالوا البرّ حتى تنفقوا مما تحبون} (آل عمران: 92)
Saya bertanya lagi, ‘Memerdekakan hamba sahaya yang bagaimana yang paling utama?’ Beliau menjawab, ‘Sangat disayang pemiliknya serta yang paling mahal harganya.’ Sungguh Allah Ta’ala, Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sehahagian harta yang kamu cintai.(Daliilul-Faalihiin syarah Riyadlush Shalihin)






[1] Dalam riwayat Imam Ahmad, lafadz afdlolu diganti dengan a’dzomu ajron (yang paling besar ganjaran).
[2] Setelah diperhatikan hadis tersebut pada kitab Shahih Al-Bukhari, Shahih Muslim, dan Musnad Ahmad; penulis menemukan bahwa matan yang digunakan Imam An-Nawawiy adalah matan hadis Shahih Muslim, Bab Bayan Kaun al-Iman bilLah, hadis no. 260.
[3] Dalam matan hadis riwayat Ahmad, setelah lafadz fii Sabiilallaah, kemudian ungkapan: Sanaamul-‘Amal (سَنَامُ الْعَمَلِ), “... amal ibadah tertinggi ...”. Adapun Sanaamun (سَنَامُ) secara bahasa artinya “punduk”.
[4] Kelengkapan ayat dan beberapa ayat sebelumnya adalah sebagai berikut:
إِنَّما يُؤْمِنُ بِآياتِنَا الَّذِينَ إِذا ذُكِّرُوا بِها خَرُّوا سُجَّداً وَسَبَّحُوا بِحَمْدِ رَبِّهِمْ وَهُمْ لا يَسْتَكْبِرُونَ (15) تَتَجافى جُنُوبُهُمْ عَنِ الْمَضاجِعِ يَدْعُونَ رَبَّهُمْ خَوْفاً وَطَمَعاً وَمِمَّا رَزَقْناهُمْ يُنْفِقُونَ (16) فَلا تَعْلَمُ نَفْسٌ ما أُخْفِيَ لَهُمْ مِنْ قُرَّةِ أَعْيُنٍ جَزاءً بِما كانُوا يَعْمَلُونَ (17) أَفَمَنْ كانَ مُؤْمِناً كَمَنْ كانَ فاسِقاً لا يَسْتَوُونَ (18)
15. Sesungguhnya orang yang benar-benar percaya kepada ayat-ayat Kami adalah mereka yang apabila diperingatkan dengan ayat-ayat itu mereka segera bersujud seraya bertasbih dan memuji Rabbnya, dan lagi pula mereka tidaklah sombong. 16. Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya dan mereka selalu berdoa kepada Rabbnya dengan penuh rasa takut dan harap, serta mereka menafkahkan apa apa rezki yang Kami berikan. 17. Tak seorangpun mengetahui berbagai nikmat yang menanti, yang indah dipandang sebagai balasan bagi mereka, atas apa yang mereka kerjakan. 18. Apakah orang-orang beriman itu sama dengan orang-orang yang fasik? Mereka tidak sama.
[5] DR. Wahbah Az-Zuhaili pada kitab At-Tafsir Al-Munir berdasarkan dua ayat berikut,
beliau membuat judul صفات المؤمنين الصادقين الكمّل وهم المجاهدون التائبون العابدون . adapun ayatnya adalah sebagai berikut:
إِنَّ اللَّهَ اشْتَرى مِنَ الْمُؤْمِنِينَ أَنْفُسَهُمْ وَأَمْوالَهُمْ بِأَنَّ لَهُمُ الْجَنَّةَ يُقاتِلُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ فَيَقْتُلُونَ وَيُقْتَلُونَ وَعْداً عَلَيْهِ حَقًّا فِي التَّوْراةِ وَالْإِنْجِيلِ وَالْقُرْآنِ وَمَنْ أَوْفى بِعَهْدِهِ مِنَ اللَّهِ فَاسْتَبْشِرُوا بِبَيْعِكُمُ الَّذِي بايَعْتُمْ بِهِ وَذلِكَ هُوَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ (111) التَّائِبُونَ الْعابِدُونَ الْحامِدُونَ السَّائِحُونَ الرَّاكِعُونَ السَّاجِدُونَ الْآمِرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَالنَّاهُونَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَالْحافِظُونَ لِحُدُودِ اللَّهِ وَبَشِّرِ الْمُؤْمِنِينَ (112)
111. Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. Mereka berperang pada jalan Allah; lalu mereka membunuh atau terbunuh. (Itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil dan Al Quran. Dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan itulah kemenangan yang besar. 112. Mereka itu adalah orang-orang yang bertaubat, yang beribadat, yang memuji, yang melawat, yang ruku', yang sujud, yang menyuruh berbuat ma'ruf dan mencegah berbuat munkar dan yang memelihara hukum-hukum Allah. Dan gembirakanlah orang-orang mukmin itu.

2 Komentar

Terima kasih telah berkomentar, kritik dan saran yang membangun sangatlah diharapkan

Posting Komentar

Terima kasih telah berkomentar, kritik dan saran yang membangun sangatlah diharapkan

Lebih baru Lebih lama