Shalat merupakan ibadah mahdhah yang akan pertama
kali dihisab di akhirat. Jika shalatnya maqbul (diterima), maka akan maqbul
pula ibadah jismiyyah yang lainnya. Demikian pula zakat merupakan ibadah
mahdhah maaliyyah (berbentuk harta) yang akan pertama kali
dihisab di akhirat. Jika zakatnya maqbul, maka akan maqbul pula
ibadah maaliyyah yang lainnya.
Diantara kaifiyyat (tata cara) pelaksanaan shalat maktubah
(wajib) yang sering terjadi kesalahan di kalangan umat Islam adalah sujud.
Apa dan bagaimana kaifiyat sujud tersebut? Berikut pemaparan Al-Ustadz KH.
Muhammad Romli pada kitabnya, “Ash-Sholah”.
ثُمَّ كَانَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُكَبِّرُ
وَيَهْوِيْ سَاجِدًا، وَلَا يَرْفَعُ يَدَيْهِ حِيْنَ يُكَبِّرُ لِلسُّجُوْدِ.
Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi
wa sallam bertakbir sambil menukik bersujud, dan Beliau tidak mengangkat
kedua telapak tangannya ketika bertakbir hendak sujud. (KH.M.Romli, Ash-Sholah,
hlm. 13)
كَمَا جَاءَ فِيْ الحَدِيْثِ: عَنْ عَبْدِ
اللَّهِ بْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى
اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ افْتَتَحَ التَّكْبِيرَ فِي الصَّلَاةِ فَرَفَعَ
يَدَيْهِ حِينَ يُكَبِّرُ حَتَّى يَجْعَلَهُمَا حَذْوَ مَنْكِبَيْهِ وَإِذَا
كَبَّرَ لِلرُّكُوعِ فَعَلَ مِثْلَهُ وَإِذَا قَالَ سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ
حَمِدَهُ فَعَلَ مِثْلَهُ وَقَالَ رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ وَلَا يَفْعَلُ
ذَلِكَ حِينَ يَسْجُدُ وَلَا حِينَ يَرْفَعُ رَأْسَهُ مِنْ السُّجُودِ. (رَوَاهُ
البُخَارِيُّ)
Sebagaimana dijelaskan dalama sebuah
hadis: Dari ‘Abdullah bin ‘Umar radliyyallahu ‘anhuma, ia berkata: “Aku
melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memulai takbir di dalam
shalat, maka Beliau mengangkat kedua telapak tangannya ketika bertakbir
sehingga Beliau menjadikan keduanya sejajar dengan pundaknya. Apabila Beliau
bertakbir hendak ruku’, Beliau melakukannya seperti itu. Apabila Beliau
mengucapkan, Sami’aLLaahu li man hamidaH, Beliau melakukannya seperti
itu dan mengucapkan Rabbanaa wa laKal-hamdu. Beliau tidak berbuat
seperti itu ketika sujud dan tidak pula melakukannya ketika mengangkat
kepalanya dari sujud.” (Ash-Sholah, hlm. 13-14; HR. Al-Bukhari, Shahih
Al-Bukhari)
كَيْفِيَّةُ السُّجُوْدِ. كَانَ صَلَّى اللهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا سَجَدَ وَضَعَ رُكْبَتَيْهِ قَبْلَ يَدَيْهِ.
KAIFIYYAT SUJUD
Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam apabila sujud, Beliau menyimpan kedua lututnya sebelum kedua telapak
tangannya.
كَمَا جَاءَ فِيْ الحَدِيْثِ: عَنْ وَائِلِ بْنِ
حُجْرٍ ، قَالَ : رَأَيْتُ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم إِذَا سَجَدَ وَضَعَ
رُكْبَتَيْهِ قَبْلَ يَدَيْهِ ، وَإِذَا نَهَضَ رَفَعَ يَدَيْهِ قَبْلَ
رُكْبَتَيْهِ. (رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدَ وَالهَيْثَمِي).
Sebagaimana telah dijelaskan dalam
sebuah hadis: Dari Wail bin Hujr radliyallahu ‘anhu ia berkata: Aku
melihat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam apabila sujud Beliau
meletakkan kedua lututnya sebelum kedua telapak tangannya. Dan apabila bangkit,
Beliau mengangkat kedua telapak tangannya sebelum kedua lututnya. (Ash-Sholah,
hlm. 14; HR. Abu Dawud dan Al-Haitsamiy).
وَكَانَ يَسْجُدُ عَلَى سَبْعَةِ أَعْظُمٍ، كَمَا جَاءَ
فِيْ الحَدِيْثِ: عَنِ الْعَبَّاسِ بْنِ عَبْدِ الْمُطَّلِبِ ، أَنَّهُ
سَمِعَ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَقُولُ: إِذَا سَجَدَ الْعَبْدُ سَجَدَ
مَعَهُ سَبْعَةُ آرَابٍ ، وَجْهُهُ ، وَكَفَّاهُ ، وَرُكْبَتَاهُ ، وَقَدَمَاهُ. (رَوَاهُ
الجَمَاعَةُ إِلَّا البُخَارِيَّ)
Beliau pun bersujud di atas tujuh
tulang, sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadis: Dari Al-‘Abbas bin ‘Abdul
Muthallib, sungguh ia mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
“Apabila seorang hamba bersujud maka sujud bersamanya tujuh tulang, (yaitu)
wajahnya, kedua telapak tangannya, kedua lututnya, dan kedua ujung kakinya.” (Ash-Sholah,
hlm. 14; HR. Al-Jama’ah kecuali Al-Bukhari).
وَعَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ
رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ
وَسَلَّمَ أُمِرْتُ أَنْ أَسْجُدَ عَلَى سَبْعَةِ أَعْظُمٍ عَلَى الْجَبْهَةِ
وَأَشَارَ بِيَدِهِ عَلَى أَنْفِهِ وَالْيَدَيْنِ وَالرُّكْبَتَيْنِ وَأَطْرَافِ
الْقَدَمَيْنِ. (متفق عليه).
Ibnu ‘Abbas radliyallahu ‘anhuma berkata:
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku diperintah untuk
sujud di atas tujuh tulang, (yaitu) di atas kening”, Beliau berisyarat
dengan tangannya kepada hidungnya, “dan (di atas) kedua telapak tangan,
kedua lutut, dan ujung-ujung kedua kaki.” (Ash-Sholah, hlm. 14; HR.
Muttafaq ‘Alaihi)
وَكَانَ يَنْصِبُ قَدَمَيْهِ حِيْنَ يَسْجُدُ، كَمَا قَالَتْ عَائِشَةَ: فَقَدْتُ
رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَاتَ لَيْلَةٍ فِي الْفِرَاشِ
، فَجَعَلْتُ أَطْلُبُهُ بِيَدِي ، فَوَقَعَتْ يَدِي عَلَى بَاطِنِ قَدَمَيْهِ
وَهُمَا مُنْتَصِبَتَانِ... (رَوَاهُ ابْنُ خُزَيْمَةَ)
Nabi pun menancapkan kedua ujung
kakinya ketika sujud, sebagaimana ‘Aisyah berkata: “Pada suatu malam, aku
kehilangan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam di tempat
pembaringan, maka aku mulai mencarinya dengan tanganku, maka tanganku menyentuh
bagian tengah kedua kakinya sedangkan keduanya ditancapkan ... . (Ash-Sholah,
hlm. 14; HR. Ibnu Khuzaimah)
Bersambung ... In Syaa Allah.
Kajian Kitab Ash-Sholah PC.
PEMUDA PERSIS PANGALENGAN.
Kamis, 24 Agustus 2017 pukul 20:30
s.d selesai bertempat di Masjid Firdaus Pangalengan.
Posting Komentar
Terima kasih telah berkomentar, kritik dan saran yang membangun sangatlah diharapkan