BANGKIT DARI SUJUD (DUDUK DIANTARA DUA SUJUD)


اَلرَّفْعُ مِنَ السُّجُوْدِ


Shalat merupakan ibadah mahdhah yang akan pertama kali dihisab di akhirat. Jika shalatnya maqbul (diterima), maka akan maqbul pula ibadah jismiyyah yang lainnya. Demikian pula zakat merupakan ibadah mahdhah maaliyyah (berbentuk harta) yang akan pertama kali dihisab di akhirat. Jika zakatnya maqbul, maka akan maqbul pula ibadah maaliyyah yang lainnya.



Diantara kaifiyyat (tata cara) pelaksanaan shalat maktubah (wajib) yang perlu diperhatikan adalah bangkit dari sujud. Apa dan bagaimana kaifiyat ar-rof’u min as-sujud tersebut? Berikut pemaparan Al-Ustadz KH. Muhammad Romli pada kitabnya, “Ash-Sholah”.


ثُمَّ (كَانَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَرْفَعُ رَأْسَهُ مِنَ السُّجُوْدِ مُكَبِّرًا) رَوَاهُ البُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ. وَأَمَرَ لِلْمُسِيْئِ صَلَاتَهُ: (... ثُمَّ ارْفَعْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ جَالِسًا ...).
Kemudian (Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengangkat kepala (bangkit) dari sujud sambil bertakbir). HR. Al-Bukhari dan Muslim. Dan Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kepada seseorang yang salah shalatnya: (... kemudian bangkitlah -dari sujud- sehingga tumaninah dalam keadaan duduk ...) (KH.M.Romli, Ash-Sholah, hlm. 16)


وَلَا يَرْفَعُ يَدَيْهِ حِيْنَ رَفَعَ مِنَ السُّجُوْدِ، كَمَا تَقَدَّمَ ذَكَرَهُ.
Dan Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak mengangkat kedua telapak tangannya ketika bangkit dari sujud, sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya. (Ash-Sholah, hlm. 16)


ثُمَّ (يَفْرُشُ رِجْلَهُ اليُسْرَى فَيَقْعُدُ عَلَيْهَا مُطْمَئِنًّا). رَوَاهُ البُخَارِيُّ فِيْ جُزْءِ رَفْعِ اليَدَيْنِ. وَأَمَرَ ذَالِكَ لِلْمُسيْئِ صَلَاتَهُ (... وَإِذَا سَجَدْتَ فَمَكِّنْ لِسُجُوْدِكَ، فَإِذَا رَفَعْتَ رَأْسَكَ فَاجْلِسْ عَلَى فَخْذِكَ اليُسْرَى ...) رَوَاهُ أَحْمَدُ.
Kemudian (Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menghamparkan kaki kirinya dan duduk di atasnya dengan tumaninah). HR. Al-Bukhari pada Kitab Juz-u Raf’u al-Yadain. Dan Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan hal tersebut kepada seseorang yang salah shalatnya, (... dan apabila engkau sujud maka tepatkanlah bagi sujudmu itu, dan apabila engkau mengangkat kepalamu -dari sujud hendak duduk antara dua sujud-, maka duduklah di atas pahamu yang kiri ...) (Ash-Sholah, hlm. 16; HR. Ahmad).


وَ (كَانَ يَنْصِبُ اليُمْنَى). رَواهُ البُخَارِيُّ وَغَيْرُهُ. وَقَالَ عُمَرُ بْنُ الخَطَّابِ: "مِنْ سُنَّةِ الصَّلَاةِ أَنْ تُنْصَبَ القَدَمُ اليُمْنَى وَإِسْتِقْبَالُهُ بِعَصَابِعِهَا القِبْلَةَ وَالجُلُوْسُ عَلَى اليُسْرَى". رَوَاهُ النَسَائِيُّ.
Dan Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menancapkan -ujung- kakinya yang kanan. HR. Al-Bukhari dan imam yang lainnya. ‘Umar ibn Al-Khaththab radliyallahu ‘anhu berkata, “Termasuk sunnah shalat ditancapkannya ujung kaki yang kanan dan menghadapkan jari-jemarinya ke kiblat, serta duduk di atas -paha- yang kiri.”   (Ash-Sholah, hlm. 14; HR. An-Nasai).


وَكَانَ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُوْلُ حِيْنَ يَجْلِسُ بَينْ السَّجْدَتَيْنِ، "رَبِّ اغْفِرْلِيْ رَبِّ اغْفِرْلِيْ"، كَمَا ذَكَرَهُ حُذَيْفَةُ عِنْدَ النَّسَائِيِ.
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berdo’a ketika duduk diantara dua sujud, “Robbighfirlii, Robbighfirlii –Ya Alloh ampunilah aku, Ya Alloh ampunilah aku-”, sebagaimana Hudzaifah menjelaskannya dalam riwayat An-Nasai. (Ash-Sholah, hlm. 17)


 وَأَحْيَانًا (أَللَّهُمَّ اغْفِرْلِيْ وَارْحَمْنِيْ وَاجْبُرْنِيْ وَاهْدِنِيْ وَارْزُقْنِيْ). رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدَ وَالتِّرْمِذِيُّ عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ.
Terkadang membaca, “Allohummaghfirlii warhamnii wajburnii wahdinii warzuqnii –Ya Alloh, ampunilah aku, sayangilah aku, cukupkanlah aku, berilah aku hidayah, dan berilah aku rejeki-”. HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi dari Ibnu ‘Abbas. (Ash-Sholah, hlm. 17)


وَمِنْ ثَمَّ يَسْجُدُ ثَانِيًا، كَمَا أَمَرَ لِلْمُسِيْئِ صَلَاتَهُ: (... ثُمَّ اسْجُدْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ سَاجِدًا ثُمَّ ارْفَعْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ جَالِسًا ثُمَّ اسْجُدْ حَتَّى تَطْمَئِنَّ سَاجِدًا ...). وَ رَوَاهُ البُخَارِيُّ وَمُسْلِمٌ: (... كَانَ يُكَبِّرُ وَيَسْجُدُ السَّجْدَةَ الثَّانِيَةَ ...).
Oleh sebab itu (kemudian) Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam sujud yang kedua, sebagaimana Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan kepada seseorang yang salah shalatnya: (... Lalu sujudlah kamu hingga kamu benar-benar sujud, dan bangkitlah hingga kamu benar-benar duduk, setelah itu sujudlah hingga kamu benar-benar sujud ...). Imam Al-Bukhari dan Muslim meriwayatkannya: (... Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bertakbir dan sujud dalam sujud yang kedua ...). (Ash-Sholah, hlm. 17)


Bersambung ... In Syaa Allah.

Selanjutnya, pembahasan An-Nuhuudu ila ar-Rok’ah ats-Tsaaniyah (Bangkit kepada Raka’at yang Kedua).

Kajian Kitab Ash-Sholah PC. PEMUDA PERSIS PANGALENGAN BIDANG PENDIDIKAN.


Kamis, 14 September 2017 Ba’da ‘Isya s.d selesai bertempat di Masjid Nurul Huda Cipanas - Margamukti. In Syaa Alloh.

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar, kritik dan saran yang membangun sangatlah diharapkan

Lebih baru Lebih lama