HADIS-HADIS KEUTAMAAN AL-FATIHAH [10]


ذِكْر مَا وَرَدَ فِي فَضْل الْفَاتِحَة
Hadis-hadis yang Menerangkan Keutamaan Surat Al-Fatihah

قَالَ الْإِمَام أَحْمَد بْن مُحَمَّد بْن حَنْبَل رَحِمَهُ اللَّه تَعَالَى فِي مُسْنَده : حَدَّثَنَا يَحْيَى بْن سَعِيد عَنْ شُعَبَة حَدَّثَنِي حَبِيب بْن عَبْد الرَّحْمَن عَنْ حَفْص بْن عَاصِم عَنْ أَبِي سَعِيد بْن الْمُعَلَّى رَضِيَ اللَّه عَنْهُ قَالَ : كُنْت أُصَلِّي فَدَعَانِي رَسُول اللَّه صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمْ أُجِبْهُ حَتَّى صَلَّيْت قَالَ : فَأَتَيْته فَقَالَ " مَا مَنَعَك أَنْ تَأْتِيَنِي ؟ " قَالَ قُلْت : يَا رَسُولَ اللَّه إِنِّي كُنْت أُصَلِّي قَالَ : أَلَمْ يَقُلْ اللَّه تَعَالَى : " يَا أَيّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اِسْتَجِيبُوا لِلَّهِ وَلِلرَّسُولِ إِذَا دَعَاكُمْ لِمَا يُحْيِيكُمْ " ثُمَّ قَالَ " لَأُعَلِّمَنَّك أَعْظَم سُورَة فِي الْقُرْآن قَبْل أَنْ تَخْرُج مِنْ الْمَسْجِد " قَالَ : فَأَخَذَ بِيَدِي فَلَمَّا أَرَادَ أَنْ يَخْرُج مِنْ الْمَسْجِد قُلْت : يَا رَسُول اللَّه إِنَّك قُلْت لَأُعَلِّمَنَّك أَعْظَم سُورَة فِي الْقُرْآن قَالَ " نَعَمْ، الْحَمْد لِلَّهِ رَبّ الْعَالَمِينَ، هِيَ السَّبْع الْمَثَانِي وَالْقُرْآن الْعَظِيم الَّذِي أُوتِيته "
Imam Ahmad ibn Muhammad ibn Hanbal Rahimahullah Ta’ala dalam Kitab Musnad-nya ia berkata: Telah menjelaskan kepada kami Yahya ibn Sa’id, dari Syu’bah, telah menjelaskan kepada kami Habib ibn ‘Abdurrahman, dari Hafs ibn ‘Aashim, dari Abu Sa’id ibn Al-Mu’allaa Radliyallahu ‘anhu, ia berkata: “Aku sedang shalat, kemudian Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memanggilku, tetapi aku tidak menjawabnya hingga aku selesai dari shalatku.Kata Abu Sa’id: “Maka aku pun menghampirinya.” Nabi pun bertanya: “Apakah yang menghalangimu untuk mendatangiku?”. Kata Abu Sa’id: “Aku menjawab: ‘Wahai Rasulullah, sungguh aku tadi sedang shalat’.” Nabi bersabda, “Bukankah Allah Ta’ala telah berfirman: ‘Hai orang-orang yang beriman, penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kamu kepada suatu yang memberi kehidupan kepada kamu, ...’. Qs al-Anfal/ 8: 24. Kemudian Nabi bersabda, ‘Sungguh aku benar-benar akan mengajarkan kepadamu surat yang paling agung di dalam Al-Qur’an sebelum engkau keluar dari Masjid ini’.Kata Abu Sa’id: “Beliau pun memegang tanganku, maka ketika Beliau hendak keluar dari Masjid itu, aku berkata: ‘Wahai Rasulullah, sungguh engkau telah bersabda: Sungguh aku benar-benar akan mengajarkan kepadamu surat yang paling agung di dalam Al-Qur’an’.Nabi menjawab, “Ya, (yaitu Surat) Alhamdulillaahi Rabbil ‘aalamiin, yakni as-Sab’ul Matstsaani (tujuh ayat yang diulang-ulang), Al-Qur’an Al-‘Adzim (yang mulia) yang telah didatangkan kepadaku”.
  
وَهَكَذَا رَوَاهُ الْبُخَارِيّ عَنْ مُسَدَّد وَعَلِيّ بْن الْمَدِينِيّ كِلَاهُمَا عَنْ يَحْيَى بْن سَعِيد الْقَطَّان بِهِ
Demikian pula Al-Bukhari meriwayatkannya dari Musaddad dan ‘Ali ibn Al-Madini, keduanya dari Yahya ibn Sa’id Al-Qaththan dengan lafadz yang sama.

وَرَوَاهُ فِي مَوْضِع آخَر مِنْ التَّفْسِير وَأَبُو دَاوُدَ وَالنَّسَائِيّ وَابْن مَاجَهْ مِنْ طُرُق عَنْ شُعْبَة بِهِ وَرَوَاهُ الْوَاقِدِيّ عَنْ مُحَمَّد بْن مُعَاذ الْأَنْصَارِيّ عَنْ خُبَيْب بْن عَبْد الرَّحْمَن عَنْ حَفْص بْن عَاصِم عَنْ أَبِي سَعِيد بْن الْمُعَلَّى عَنْ أُبَيّ بْن كَعْب فَذَكَرَ نَحْوه .
Imam Al-Bukhari pun meriwayatkannya pada tempat yang lain dalam tafsirnya. Adapun Abu Dawud, An-Nasai, dan Ibnu Majah melalui berbagai jalur dari Syu’bah dengan lafadz yang sama. Al-Waqidi meriwayatkannya dari Muhammad ibn Mu’adz Al-Anshariy, dari Khubaib ibn ‘Abdurrahman, dari Hafsh ibn ‘Aashim, dari Abu Sa’id ibn Al-Mu’allaa, dari Ubay ibn Ka’ab, maka Al-Waqidi pun meriwayatkan hadis yang semisal.

وَقَدْ وَقَعَ فِي الْمُوَطَّأ لِلْإِمَامِ مَالِك بْن أَنَس رَحِمَهُ اللَّه مَا يَنْبَغِي التَّنْبِيه عَلَيْهِ فَإِنَّهُ رَوَاهُ مَالِك عَنْ الْعَلَاء بْن عَبْد الرَّحْمَن بْن يَعْقُوب الْحَرَقِيّ أَنَّ أَبَا سَعِيد مَوْلَى اِبْن عَامِر بْن كُرَيْزٍ أَخْبَرَهُمْ أَنَّ رَسُولَ اللَّه صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَادَى أُبَيّ بْن كَعْب وَهُوَ يُصَلِّي فِي الْمَسْجِد فَلَمَّا فَرَغَ مِنْ صَلَاته لَحِقَهُ قَالَ فَوَضَعَ النَّبِيّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَده عَلَى يَدَيَّ وَهُوَ يُرِيد أَنْ يَخْرُج مِنْ بَاب الْمَسْجِد ثُمَّ قَالَ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ "إِنِّي لَأَرْجُو أَنْ لَا تَخْرُج مِنْ بَاب الْمَسْجِد حَتَّى تَعْلَم سُورَة مَا أُنْزِلَ فِي التَّوْرَاة وَلَا فِي الْإِنْجِيل وَلَا فِي الْقُرْآن مِثْلهَا" قَالَ أُبَيّ رَضِيَ اللَّه عَنْهُ فَجَعَلْت أُبْطِئ فِي الْمَشْي رَجَاء ذَلِكَ ثُمَّ قُلْت يَا رَسُول اللَّه مَا السُّورَة الَّتِي وَعَدْتنِي ؟ قَالَ " كَيْف تَقْرَأ إِذَا اِفْتَتَحْت الصَّلَاة ؟ قَالَ فَقَرَأْت عَلَيْهِ " الْحَمْد لِلَّهِ رَبّ الْعَالَمِينَ" حَتَّى أَتَيْت عَلَى آخِرهَا فَقَالَ رَسُول اللَّه صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ " هِيَ هَذِهِ السُّورَة وَهِيَ السَّبْع الْمَثَانِي وَالْقُرْآن الْعَظِيم الَّذِي أُعْطِيت "
Sungguh terdapat dalam Kitab Al-Muwaththa’ karya Imam Malik ibn Anas Rahimahullah, yang diperlukan untuk diperhatikan, karena sungguh hadis itu diriwayatkan oleh Imam Malik dari Al-‘Ala ibn ‘Abdirrahman ibn Ya’qub Al-Haraqiy, sesungguhnya Abu Sa’id maula Ibnu ‘Amir ibn Kuroiz memberitakan kepada mereka bahwa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah memanggil Ubay ibn Ka’ab yang sedang shalat. Setelah Ubay menyelesaikan shalatnya, lalu ia menjumpai Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian meletakkan tangan Beliau di atas tangannya, saat itu Beliau hendak keluar menuju pintu masjid. Kemudian Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya aku benar-benar berharap sebelum kamu keluar dari masjid ini kamu sudah mengetahui suatu surat yang belum pernah diturunkan di dalam Taurat, Injil, dan tidak ada pula di dalam Al-Qur’an surat yang serupa dengannya.Ubay Radliyallahu ‘anhu melanjutkan kisahnya, “Maka aku mengurangi kecepatan langkahku karena mengharapkan pelajaran tersebut, kemudian aku berkata, ‘Wahai Rasulullah, surat apakah yang engkau janjikan kepadaku itu?’.” Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apakah yang engkau baca bila membuka shalatmu?”. Ubay berkata, “Aku membacakan kepadanya [surat] ‘Alhamdulillaahi Rabbil ‘Aalamiin’ hingga akhir surat.” Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda, “Itulah surat yang aku maksudkan. Surat itu adalah as-Sab’ul Matsaaniy, Al-Qur’an Al-‘Adzim yang diberikan kepadaku.

فَأَبُو سَعِيد هَذَا لَيْسَ بِأَبِي سَعِيد بْن الْمُعَلَّى كَمَا اِعْتَقَدَهُ اِبْن الْأَثِير فِي جَامِع الْأُصُول وَمَنْ تَبِعَهُ فَإِنَّ اِبْن الْمُعَلَّى صَحَابِيّ أَنْصَارِيّ وَهَذَا تَابِعِيّ مِنْ مَوَالِي خُزَاعَة وَذَاكَ الْحَدِيث مُتَّصِل صَحِيح وَهَذَا ظَاهِره أَنَّهُ مُنْقَطِع إِنْ لَمْ يَكُنْ سَمِعَهُ أَبُو سَعِيد هَذَا مِنْ أُبَيّ بْن كَعْب فَإِنْ كَانَ قَدْ سَمِعَهُ مِنْهُ فَهُوَ عَلَى شَرْط مُسْلِم وَاَللَّه أَعْلَم عَلَى أَنَّهُ قَدْ رُوِيَ عَنْ أُبَيّ بْن كَعْب مِنْ غَيْر وَجْه
Abu Sa’id yang terdapat dalam sanad hadis ini bukanlah Abu Sa’id ibnu Al-Mu’allaa seperti yang diduga oleh Ibnu al-Atsir di dalam kitab Jaami’ al-Ushuul dan orang-orang yang mengikuti [pendapat]nya. Karena sesungguhnya Ibn Al-Mu’allaa adalah seorang sahabat dari kalangan Anshor, sedangkan [Abu Sa’id maula Ibnu ‘Amir] ini adalah seorang tabi’in, salah seorang maula Bani Khuza’ah. Hadis yang pertama muttashil dan berpredikat shahih, sedangkan hadis kedua ini lahiriahnya munqathi’ jika memang Abu Sa’id tidak mendengarnya dari Ubay ibn Ka’ab. Jika Abu Sa’id benar-benar mendengarnya dari Ubay, karena hadis ini [derajat hadisnya] berdasarkan syarat Imam Muslim, Wallahu A’lam. Karena sungguh hadis itu diriwayatkan dari ubay ibn Ka’ab dengan tanpa jalur yang lain.
كَمَا قَالَ الْإِمَام أَحْمَد : حَدَّثَنَا عَفَّان حَدَّثَنَا عَبْد الرَّحْمَن بْن إِبْرَاهِيم حَدَّثَنَا الْعَلَاء بْن عَبْد الرَّحْمَن عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَة رَضِيَ اللَّه تَعَالَى عَنْهُ قَالَ خَرَجَ رَسُول اللَّه صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى أُبَيّ بْن كَعْب وَهُوَ يُصَلِّي فَقَالَ " يَا أُبَيّ " فَالْتَفَتَ ثُمَّ لَمْ يُجِبْهُ ثُمَّ قَالَ أُبَيّ فَخَفَّفَ أُبَيّ ثُمَّ اِنْصَرَفَ إِلَى رَسُول اللَّه صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ السَّلَام عَلَيْك أَيْ رَسُول اللَّه فَقَالَ " وَعَلَيْك السَّلَام مَا مَنَعَك أَيْ أُبَيّ إِذْ دَعَوْتُك أَنْ تُجِيبنِي " فَقَالَ أَيْ رَسُول اللَّه إِنِّي كُنْت فِي الصَّلَاة قَالَ " أَوَلَسْت تَجِد فِيمَا أَوْحَى اللَّه إِلَيَّ" اِسْتَجِيبُوا لِلَّهِ وَلِلرَّسُولِ إِذَا دَعَاكُمْ لِمَا يُحْيِيكُمْ" قَالَ بَلَى يَا رَسُول اللَّه لَا أَعُود قَالَ " أَتُحِبُّ أَنْ أُعَلِّمك سُورَة لَمْ تَنْزِل لَا فِي التَّوْرَاة وَلَا فِي الْإِنْجِيل وَلَا فِي الزَّبُور وَلَا فِي الْفُرْقَان مِثْلهَا " ؟ قُلْت نَعَمْ أَيْ رَسُول اللَّه قَالَ رَسُول اللَّه صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ" إِنِّي لَأَرْجُو أَنْ لَا أَخْرُج مِنْ هَذَا الْبَاب حَتَّى تَعْلَمهَا" قَالَ فَأَخَذَ رَسُول اللَّه بِيَدِي يُحَدِّثنِي وَأَنَا أَتَبَطَّأ مَخَافَة أَنْ يَبْلُغ قَبْل أَنْ يَقْضِي الْحَدِيث فَلَمَّا دَنَوْنَا مِنْ الْبَاب قُلْت أَيْ رَسُول اللَّه مَا السُّورَة الَّتِي وَعَدْتنِي ؟ قَالَ " مَا تَقْرَأ فِي الصَّلَاة " ؟ قَالَ فَقَرَأْت عَلَيْهِ أُمّ الْقُرْآن قَالَ " وَاَلَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ مَا أَنْزَلَ اللَّه فِي التَّوْرَاة وَلَا فِي الْإِنْجِيل وَلَا فِي الزَّبُور وَلَا فِي الْفُرْقَان مِثْلهَا إِنَّهَا السَّبْع الْمَثَانِي
Sebagaimana Imam Ahmad berkata: Telah menjelaskan kepada kami ‘Affaan, telah menjelaskan kepada kami ‘Abdurrahman ibn Ibrahim, telah menjelaskan kepada kami Al-‘Alaa ibn ‘Abdirrahman, dari ayahnya, dari Abu Hurairah Radliyallahu Ta’ala ‘anhu ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam keluar menemui Ubay ibn Ka’ab yang saat itu sedang shalat. Nabi saw pun bersabda, “Wahai Ubay!”, maka ia menoleh, tetapi tidak menjawabnya. Kata Ubay,  ia  pun  mempercepat  shalatnya,  kemudian  menghadap  kepada  Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam, lalu ia berkata, “Assalaamu ‘alaika” yakni Rasulullah. Maka Nabi saw menjawab, “Wa’alaikas Salaam, apakah yang menghalangimu wahai Ubay, ketika aku memanggilmu agar engkau menjawabku?.Maka Ubay menjawab, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku ketika itu sedang shalat.Nabi Saw bersabda, “Tidakkah engkau menjumpai dalam apa yang telah diwahyukan oleh Allah: ‘penuhilah seruan Allah dan seruan Rasul apabila Rasul menyeru kamu kepada suatu yang memberi kehidupan kepada kamu’.Qs. Al-Anfal: 24. Ubay menjawab, “Tentu, wahai Rasulullah, saya tidak akan mengulanginya lagi.Nabi bersabda, “Apakah engkau ingin aku ajarkan kepadamu suatu surat yang tidak diturun di dalam Taurat, tidak pula dalam Injil, tidak pula dalam Zabur, dan tidak tidak pula dalam Al-Furqan (Al-Qur’an) yang semisalnya?”. Aku (Ubay) menjawab, “Ya, wahai Rasulullah.Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya aku benar-benar berharap, mudah-mudah sebelum aku keluar dari pintu ini kamu sudah mengetahuinya.Ubay berkata, maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam memegang tanganku seraya berbicara kepadaku, dan aku memperlambat langkahku karena khawatir sebelum ia menuntaskan hadisnya. Maka ketika kami mendekati pintu masjid, aku berkata, “Wahai Rasulullah, surat apakah yang engkau janjikan kepadaku?.Nabi Saw bersabda, “Apakah yang engkau baca di dalam shalat?.Ubay menjawab, “Padanya aku membaca Ummul Qur’aan.Sabda Nabi Saw, “Demi yang jiwaku berada pada genggaman-Nya, Allah tidaklah menurunkan di dalam Taurat, tidak pula di dalam Injil, tidak pula di dalam Zabur, dan tidak pula di dalam Al-Furqan (Al-Qur’an) yang semisalnya, sesungguhnya ia adalah as-Sab’u al-Matsaaniy.

وَرَوَاهُ التِّرْمِذِيّ عَنْ قُتَيْبَة عَنْ الدَّرَاوَرْدِيّ عَنْ الْعَلَائِيّ عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَة رَضِيَ اللَّه عَنْهُ فَذَكَرَه وَعِنْده " إِنَّهَا مِنْ السَّبْع الْمَثَانِي وَالْقُرْآن الْعَظِيم الَّذِي أُعْطِيته" ثُمَّ قَالَ هَذَا حَدِيث حَسَن صَحِيح
Imam At-Tirmidzi meriwayatkan juga dari Qutaibah, dari Ad-Darawardiy, dari Al-‘Alaa, dari ayahnya, dari Abu Hurairah Radliyallahu ‘anhu, maka At-Tirmidzi mengetengahkan hadis ini, dan pada hadis ini ada kalimat, “Sesungguhnya ia adalah as-Sab’u al-Matsaaniy dan Al-Qur’an Al-‘Adzim yang diberikan kepadaku.Kemudian At-Tirmidzi berkata, “Hadis ini Hasan Shahih.”

وَفِي الْبَاب عَنْ أَنَس بْن مَالِك وَرَوَاهُ عَبْد اللَّه بْن الْإِمَام أَحْمَد عَنْ إِسْمَاعِيل بْن أَبَى مَعْمَر عَنْ أَبَى أُسَامَة عَنْ عَبْد الْحَمِيد بْن جَعْفَر عَنْ الْعَلَاء عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَة عَنْ أُبَيّ بْن كَعْب فَذَكَرَه مُطَوَّلًا بِنَحْوِهِ أَوْ قَرِيبًا مِنْهُ
Dan dalam suatu bab diriwayatkan dari Anas bin Malik. Abdullah ibn Imam Ahmad dari Isma’il ibn Abu Ma’mar, dari Abu Usamah, dari ‘Abdul Hamid ibn Ja’far, dari Al-‘Alaa, dari ayahnya, dari Abu Hurairah, dari Ubay ibn Ka’ab, maka ia menjelaskan hadis ini dengan panjang lebar seperti hadis di atas atau mendekatinya.

وَقَدْ رَوَاهُ التِّرْمِذِيّ وَالنَّسَائِيّ جَمِيعًا عَنْ أَبِي عَمَّار حُسَيْن بْن حُرَيْث عَنْ الْفَضْل بْن مُوسَى عَنْ عَبْد الْحَمِيد بْن جَعْفَر عَنْ الْعَلَاء عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَة عَنْ أُبَيّ بْن كَعْب قَالَ : قَالَ رَسُول اللَّه صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ " مَا أَنْزَلَ اللَّه فِي التَّوْرَاة وَلَا فِي الْإِنْجِيل مِثْل أُمّ الْقُرْآن وَهِيَ السَّبْع الْمَثَانِي وَهِيَ مَقْسُومَة بَيْنِي وَبَيْن عَبْدِي نِصْفَيْنِ " هَذَا لَفْظ النَّسَائِيّ وَقَالَ التِّرْمِذِيّ حَدِيث حَسَن غَرِيب
Sungguh meriwayatkannya pula At-Tirmidzi dan An-Nasai secara bersamaan, dari Abu ‘Ammaar Husain ibn Huraits, dari Al-Fadhl ibn Musa, dari ‘Abdul Hamid ibn Ja’far, dari Al-‘Alaa, dari ayahnya, dari Abu Hurairah, dari Ubay ibn Ka’ab ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam telah bersabda, “Tidaklah Allah menurunkan di dalam Taurat, tidak pula di dalam Injil yang semisal Ummul Qur’aan dan dialah as-Sab’u al-Matsaaniy dan dialah yang terbagi antara Aku (Allah Ta’ala) dan hambaku menjadi dua bagian.Hadis ini lafadz An-Nasai dan At-Tirmidzi berkata, “Hadis ini Hasan Gharib.”
وَقَالَ الْإِمَام أَحْمَد حَدَّثَنَا مُحَمَّد بْن عُبَيْد حَدَّثَنَا هَاشِم يَعْنِي بْن الْبَرِيد حَدَّثَنَا عَبْد اللَّه بْن مُحَمَّد بْن عَقِيل عَنْ (ابن) جَابِر قَالَ اِنْتَهَيْت إِلَى رَسُول اللَّه صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَدْ أَهَرَاقَ الْمَاء فَقُلْت السَّلَام عَلَيْك يَا رَسُول اللَّه فَلَمْ يَرُدّ عَلَيَّ قَالَ فَقُلْت السَّلَام عَلَيْك يَا رَسُول اللَّه فَلَمْ يَرُدّ عَلَيَّ قَالَ فَقُلْت السَّلَام عَلَيْك يَا رَسُول اللَّه فَلَمْ يَرُدّ عَلَيَّ قَالَ فَانْطَلَقَ رَسُول اللَّه صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَمْشِي وَأَنَا خَلْفه حَتَّى دَخَلَ رَحْله وَدَخَلْت أَنَا الْمَسْجِد فَجَلَسْت كَئِيبًا حَزِينًا فَخَرَجَ عَلَيَّ رَسُول اللَّه صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَقَدْ تَطَهَّرَ فَقَالَ " عَلَيْك السَّلَام وَرَحْمَة اللَّه وَبَرَكَاته وَعَلَيْك السَّلَام وَرَحْمَة اللَّه وَبَرَكَاته وَعَلَيْك السَّلَام وَرَحْمَة اللَّه " ثُمَّ قَالَ " أَلَا أُخْبِرُك يَا عَبْد اللَّه بْن جَابِر بِأَخْيَر سُورَة فِي الْقُرْآن ؟ قُلْت بَلَى يَا رَسُول اللَّه قَالَ اِقْرَأْ الْحَمْد لِلَّهِ رَبّ الْعَالَمِينَ حَتَّى تَخْتِمهَا "
Imam Ahmad berkata: Telah menjelaskan kepada kami Muhammad ibn ‘Ubaid, telah menjelaskan kepada kami Haasyim yakni ibn al-Barid, telah menjelaskan kepada kami ‘Abdullah ibn Muhammad ibn ‘Aqil, dari Jaabir, ia berkata: Aku sampai kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan sungguh air (wudlu Beliau) telah dituangkan. Maka aku pun berkata, “Assalaamu ‘alaika, wahai Rasulullah”, namun Beliau tidak menjawab salamku. Jaabir berkata: Maka aku pun berkata [lagi], “Assalaamu ‘alaika, wahai Rasulullah”, namun Beliau tidak menjawab salamku [lagi]. Jaabir berkata: Maka aku pun berkata [lagi], “Assalaamu ‘alaika, wahai Rasulullah”, namun Beliau tidak menjawab salamku [lagi]. Kata Jaabir: Maka Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun pergi berjalan sedangkan aku dibelakangnya sehingga Beliau memasuki kemahnya dan aku memasuki masjid itu, maka  aku  pun  duduk  dalam  keadaan  murung  dan  bersedih  hati. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam pun keluar menemuiku sungguh dalam keadaan telah bersuci, maka Beliau bersabda, “’Alaikas Salaam wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh, wa ‘Alaikas Salaam wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh, wa ‘Alaikas Salaam wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh.Kemudian bersabda, “Maukah aku beritakan kepadamu, wahai ‘Abdullah ibn Jaabir, tentang surat yang terbaik di dalam Al-Qur’an?.Aku menjawab, “Tentu, wahai Rasulullah.Nabi Saw bersabda, “Bacalah surat Alhamdulillaahi Rabbil ‘Aalamiin sehingga engkau menyelesaikannya.

هَذَا إِسْنَاد جَيِّد وَابْن عَقِيل هَذَا يَحْتَجّ بِهِ الْأَئِمَّة الْكِبَار وَعَبْد اللَّه بْن جَابِر هَذَا الصَّحَابِيّ ذَكَرَ اِبْن الْجَوْزِيّ أَنَّهُ هُوَ الْعَبْدِيّ وَاَللَّه أَعْلَم وَيُقَال إِنَّهُ عَبْد اللَّه بْن جَابِر الْأَنْصَارِيّ الْبَيَاضِيّ فِيمَا ذَكَرَه الْحَافِظ اِبْن عَسَاكِر
Sanad hadis ini jayyid (baik), dan Ibn ‘Aqiil (yang ada pada sanad hadis ini) dijadikan hujjah oleh Imam-imam yang terkemuka. Sedangkan ‘Abdullah ibn Jaabir ini sahabat (Nabi Saw) yang Ibn Al-Jauziy menjelaskan bahwa dia adalah Al-‘Abdiy (kalangan Bani ‘Abdiy), Wallahu A’lam. Dijelaskan pula bahwa dia adalah ‘Abdullah ibn Jaabir Al-Anshariy Al-Bayaadliy menurut Al-Hafidz Ibn ‘Asaakir.
وَاسْتَدَلُّوا بِهَذَا الْحَدِيث وَأَمْثَاله عَلَى تَفَاضُل بَعْض الْآيَات وَالسُّوَر عَلَى بَعْض كَمَا هُوَ الْمَحْكِيّ عَنْ كَثِير مِنْ الْعُلَمَاء مِنْهُمْ إِسْحَاق بْن رَاهْوَيْهِ وَأَبُو بَكْر بْن الْعَرَبِيّ وَابْن الْحَفَّار مِنْ الْمَالِكِيَّة وَذَهَبَتْ طَائِفَة أُخْرَى إِلَى أَنَّهُ لَا تَفَاضُل فِي ذَلِكَ لِأَنَّ الْجَمِيع كَلَام اللَّه وَلِئَلَّا يُوهِم التَّفْضِيل نَقْص الْمُفَضَّل عَلَيْهِ وَإِنْ كَانَ الْجَمِيع فَاضِلًا نَقَلَهُ الْقُرْطُبِيّ عَنْ الْأَشْعَرِيّ وَأَبِي بَكْر الْبَاقِلَّانِيّ وَأَبِي حَاتِم بْن حِبَّان الْبُسْتِيّ وَأَبِي حَيَّان وَيَحْيَى بْن يَحْيَى وَرِوَايَة عَنْ الْإِمَام مَالِك أَيْضًا حَدِيث آخَر
Mereka menyimpulkan dengan hadis ini dan yang semisalnya akan keutamaan-keutamaan sebagian ayat-ayat dan surat-surat atas sebagian (lainnya), sebagaimana hal itu diriwayatkan dari kebanyakan Para Ulama, diantara mereka Ishaq ibn Rahawaih , Abu Bakar Al-‘Arabiy, Ibn Al-Haffaar dari kalangan Maalikiyyah. Dan segolongan lainnya berpendapat bahwa sesungguhnya tidak ada keutamaan-keutamaan dalam hal tersebut karena sesungguhnya seluruhnya adalah Kalaamullaah, agar tidak dianggap keutamaan ini mengurangi keutamaan yang dikalahkannya, sekali pun pada kenyataannya seluruhnya mempunyai keutamaan. (Demikian) telah menukilnya Al-Qurthubiy dari Al-Asy’ariy dan Abu Bakr Al-Baaqilaaniy, Abu Hatim ibn Hibban Al-Bustiy, Abu Hibban, dan Yahya ibn Yahya, serta sebuah riwayat dari Imam Malik juga hadis yang lain.

قَالَ الْبُخَارِيّ فِي فَضَائِل الْقُرْآن حَدَّثَنَا مُحَمَّد بْن الْمُثَنَّى حَدَّثَنَا وَهْب حَدَّثَنَا هِشَام عَنْ مُحَمَّد بْن سَعِيد عَنْ أَبِي سَعِيد الْخُدْرِيّ قَالَ: كُنَّا فِي مَسِير لَنَا فَنَزَلْنَا فَجَاءَتْ جَارِيَة فَقَالَتْ إِنَّ سَيِّد الْحَيّ سَلِيم وَإِنَّ نَفَرنَا غَيْب فَهَلْ مِنْكُمْ رَاقٍ ؟ فَقَامَ مَعَهَا رَجُل مَا كُنَّا نَأْبُنُهُ بِرُقْيَةٍ فَرَقَاهُ فَبَرَأَ فَأَمَرَ لَهُ بِثَلَاثِينَ شَاة وَسَقَانَا لَبَنًا فَلَمَّا رَجَعَ قُلْنَا لَهُ أَكُنْت تُحْسِن رُقْيَة أَوْ كُنْت تَرْقِي ؟ قَالَ لَا مَا رَقَيْت إِلَّا بِأُمِّ الْكِتَاب قُلْنَا لَا تُحَدِّثُوا شَيْئًا حَتَّى نَأْتِي وَنَسْأَل رَسُول اللَّه صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَلَمَّا قَدِمْنَا الْمَدِينَة ذَكَرْنَاهُ لِلنَّبِيِّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ : " وَمَا كَانَ يُدْرِيه أَنَّهَا رُقْيَة اِقْسِمُوا وَاضْرِبُوا لِي بِسَهْمٍ "
Al-Bukhari berkata pada Fadlaail Al-Qur’an: Telah menjelaskan kepada kami Muhammad ibn Al-Mutsanna, telah menjelaskan kepada kami Wahb, telah menjelaskan kepada kami Hisyam, dari Muhammad ibn Sa’id, dari Abu Sa’id Al-Khudriy ia berkata: Ketika kami dalam sebuah perjalanan, kami pun berjalan, maka datanglah seorang budak perempuan lantas berkata, “Sesungguhnya pemimpin kabilah terkena sengatan binatang beracun, dan sungguh kaum lelaki kami sedang tidak ada, maka apakah diantara kalian ada yang bisa meruqyah?.” Maka berdirilah bersamanya seorang lelaki [dari kami] yang kami tidak pernah memperhatikannya meruqyah. Ia pun meruqyah, maka sembuhlah sang pemimpin kabilah dan memerintahkan menghadiahkannya dengan tiga puluh ekor kambing dan memberi kami minum susu. Maka ketika lelaki itu kembali, kami bertanya kepadanya: “Apakah engkau pandai meruqyah ataukah engkau sedang meruqyah?.” Ia menjawab, “Tidak, aku tidak meruqyahnya kecuali dengan Ummu Al-Kitab.” Kami berkata, “Janganlah kalian membicarakan sesuatu pun sehingga kita mendatangi dan bertanya kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam.” Ketika kami sampai di Madinah, kami menceritakannya kepada Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka Beliau bersabda, “Siapakah yang memberitahunya bahwa sesungguhnya ia (Al-Fatihah) adalah ruqyah? Kalian bagikanlah dan sisakanlah untukku bagian darinya.

وَقَالَ أَبُو مَعْمَر حَدَّثَنَا عَبْد الْوَارِث حَدَّثَنَا هِشَام حَدَّثَنَا مُحَمَّد بْن سِيرِينَ حَدَّثَنِي مَعْبَد بْن سِيرِينَ عَنْ أَبِي سَعِيد الْخُدْرِيّ بِهَذَا وَهَكَذَا رَوَاهُ مُسْلِم وَأَبُو دَاوُدَ مِنْ رِوَايَة هِشَام وَهُوَ اِبْن حَسَّان عَنْ اِبْن سِيرِينَ بِهِ
Abu Ma’mar berkata: Telah menjelaskan kepada kami ‘Abdul Warits, telah menjelaskan kepada kami Hisyam, telah menjelaskan kepada kami Muhammad ibn Sirin, telah menjelaskan kepadaku Ma’bad ibn Sirin, dari Abu Sa’id Al-Khudriy dengan lafadz hadis ini. Demikian pula Muslim dan Abu Dawud meriwayatkannya dari riwayat Hisyam yakni Ibn Hassaan dari Ibn Sirin dengan lafadz hadis ini (sama).

وَفِي بَعْض رِوَايَات مُسْلِم لِهَذَا الْحَدِيث أَنَّ أَبَا سَعِيد الْخُدْرِيّ هُوَ الَّذِي رَقَى ذَلِكَ السَّلِيم يَعْنِي اللَّدِيغ يُسَمُّونَهُ بِذَلِكَ تَفَاؤُلًا.
Pada sebagian riwayat Muslim tentang hadis ini,  bahwa  Abu  Sa’id  Al-Khudriy  dialah  yang  meruqyah  orang yang sehat (kembali) itu yakni yang tersengat itu, dinamakan ia demikian karena mengharap kebaikan.

حَدِيث آخَر : رَوَى مُسْلِم فِي صَحِيحِهِ وَالنَّسَائِيّ فِي سُنَنه مِنْ حَدِيث أَبِي الْأَحْوَص سَلَّام بْن سُلَيْم عَنْ عَمَّار بْن زُرَيْق عَنْ عَبْد اللَّه بْن عِيسَى بْن عَبْد الرَّحْمَن بْن أَبَى لَيْلَى عَنْ سَعِيد بْن جُبَيْر عَنْ اِبْن عَبَّاس قَالَ : بَيْنَا رَسُول اللَّه صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَعِنْده جِبْرَائِيل إِذْ سَمِعَ نَقِيضًا فَوْقه فَرَفَعَ جِبْرِيل بَصَره إِلَى السَّمَاء فَقَالَ " هَذَا بَاب قَدْ فُتِحَ مِنْ السَّمَاء مَا فُتِحَ قَطُّ " قَالَ فَنَزَلَ مِنْهُ مَلَك فَأَتَى النَّبِيّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ : " أَبْشِرْ بِنُورَيْنِ قَدْ أُوتِيتهمَا لَمْ يُؤْتَهُمَا نَبِيّ قَبْلَك فَاتِحَة الْكِتَاب وَخَوَاتِيم سُورَة الْبَقَرَة لَمْ تَقْرَأ حَرْفًا مِنْهَا إِلَّا أُوتِيته " وَهَذَا لَفْظ النَّسَائِيّ وَلِمُسْلِمٍ نَحْوه
Hadis lain: Imam Muslim meriwayatkan dalam kitab Shahihnya dan An-Nasai dalam kitab Sunannya dari hadis Abu Al-Ahwash Sallaam ibn Sulaim, dari ‘Ammaar ibn Zuraiq, dari ‘Abdullah ibn ‘Isa ibn ‘Abdurrahman ibn Abu Laila, dari Sa’id ibn Jubair, dari Ibnu ‘Abbas ia berkata: Ketika kami sedang bersama Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam dan di sampingnya ada Jibril, tiba-tiba Jibril mendengar suara gemuruh di atasnya, maka Jibril mengangkat pandangannya ke langit lantas berkata, “Ini adalah (suara) pintu yang sungguh telah dibuka dari langit yang tidak pernah dibuka.” Kata Ibnu ‘Abbas, maka turunlah seorang Malaikat darinya kemudian mendatangi Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam lantas berkata, “Bergembiralah dengan dua cahaya yang sungguh telah diberikan kepadamu, yang tidak diberikan keduanya kepada Nabi sebelummu, yakni Faatihatul Kitaab dan ayat-ayat terakhir surat Al-Baqarah, tidaklah engkau membaca satu huruf darinya, kecuali kamu akan diberi (pahala)nya.” Hadis ini lafadz An-Nasai dan Imam Muslim sama (lafadz)nya.

حَدِيث آخَر قَالَ مُسْلِم حَدَّثَنَا إِسْحَاق بْن إِبْرَاهِيم الْحَنْظَلِيّ هُوَ اِبْن رَاهْوَيْهِ حَدَّثَنَا سُفْيَان بْن عُيَيْنَةَ عَنْ الْعَلَاء يَعْنِي اِبْن عَبْد الرَّحْمَن بْن يَعْقُوب الْخَرَقِيّ عَنْ أَبِي هُرَيْرَة رَضِيَ اللَّه عَنْهُ عَنْ النَّبِيّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ : " مَنْ صَلَّى صَلَاة لَمْ يَقْرَأ فِيهَا بِأُمِّ الْقُرْآن فَهِيَ خِدَاج ثَلَاثًا غَيْر تَمَام" فَقِيلَ لِأَبِي هُرَيْرَة إِنَّا نَكُون خَلْف الْإِمَام فَقَالَ اِقْرَأْ بِهَا فِي نَفْسك فَإِنِّي سَمِعْت رَسُول اللَّه صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُول : " قَالَ اللَّه عَزَّ وَجَلَّ : قَسَمْت الصَّلَاة بَيْنِي وَبَيْن عَبْدِي نِصْفَيْنِ وَلِعَبْدِي مَا سَأَلَ فَإِذَا قَالَ : " الْحَمْد لِلَّهِ رَبّ الْعَالَمِينَ " قَالَ اللَّه حَمِدَنِي عَبْدِي وَإِذَا قَالَ " الرَّحْمَن الرَّحِيم " قَالَ اللَّه أَثْنَى عَلَيَّ عَبْدِي فَإِذَا قَالَ : " مَالِك يَوْم الدِّين " قَالَ اللَّه مَجَّدَنِي عَبْدِي وَقَالَ مَرَّة فَوَّضَ إِلَيَّ عَبْدِي فَإِذَا قَالَ " إِيَّاكَ نَعْبُد وَإِيَّاكَ نَسْتَعِين " قَالَ هَذَا بَيْنِي وَبَيْن عَبْدِي وَلِعَبْدِي مَا سَأَلَ فَإِذَا قَالَ : " اِهْدِنَا الصِّرَاط الْمُسْتَقِيم صِرَاط الَّذِينَ أَنْعَمْت عَلَيْهِمْ غَيْر الْمَغْضُوب عَلَيْهِمْ وَلَا الضَّالِّينَ " قَالَ اللَّه هَذَا لِعَبْدِي وَلِعَبْدِي مَا سَأَلَ
Hadis lain: Imam Muslim berkata: Telah menjelaskan kepada kami Ishaq ibn Ibrahim Al-Handzaliy yaitu Ibn Rahawaih, telah menjelaskan kepada kami Sufyan ibn ‘Uyaynah, dari Al-‘Alaa yakni Ibnu ‘Abdirrahman ibn Ya’qub Al-Kharaqiy, dari Abu Hurairah Radliyallahu ‘anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam beliau bersabda, “Barang siapa yang shalat, tidak membaca padanya Ummul Qur’an, maka shalatnya khidaaj -Nabi menyebutnya tiga kali-, yakni tidak sempurna.Maka ditanyakan kepada Abu Hurairah, “Sesungguhnya keadaan kami di belakang imam.” Abu Hurairah pun menjawab, “Bacalah al-Fatihah di dalam hatimu, karena sungguh aku telah mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: Aku telah membagi shalat itu antara aku dan hambaku menjadi dua bagian. Dan bagi hambaku apa yang dia minta. Maka apabila ia membaca: Alhamdulillaahi Rabbil ‘Aalamiin, Allah lantas berfirman: Hambaku telah memujiku. Dan jika membaca: Ar-Rahmaanir Rahiim’, Allah lantas berfirman, hamba telah menyanjungku. Dan jika membaca: Maa liki yaumid diin, Allah lantas berfirman, hamba telah memuliakanku. Dan Allah Ta’ala  sesekali berfirman: Hambaku telah menyanjungku. Maka jika ia berkata, Iyyaaka na’budu wa iyyaaka nasta’iin, Allah Ta’ala berfirman: Ini antara Aku dengan hambaku, dan bagi hambaKu apa-apa yang dia pinta. Maka jika berkata, Ihdinash shiraathal mustaqiim, shiraathal ladziina an’amta ‘alaihim ghairil maghdluubi ‘alaihim wa ladlooliin. Allah Ta’ala berfirman: Ini adalah bagi hambaKu dan bagi hambaKu apa yang dia pinta

وَهَكَذَا رَوَاهُ النَّسَائِيّ عَنْ إِسْحَاق بْن رَاهْوَيْهِ وَقَدْ رَوَيَاهُ أَيْضًا عَنْ قُتَيْبَة عَنْ مَالِك عَنْ الْعَلَاء عَنْ أَبِي السَّائِب مَوْلَى هِشَام بْن زُهْرَة عَنْ أَبِي هُرَيْرَة وَفِي هَذَا السِّيَاق " فَنِصْفهَا لِي وَنِصْفهَا لِعَبْدِي وَلِعَبْدِي مَا سَأَلَ "
Demikian juga An-Nasai meriwayatkannya dari Ishaq ibn Rahawaih dan sungguh keduanya meriwayatkan dari Qutaibah, dari Malik, dari Al-‘Ala, dari Abu Said maula Hisyam ibn Zuhrah, dari Abu Hurairah Radliyallahu ‘anhu, dan pada susunan hadis itu (ada): “Maka setengahnya adalah bagiKu Allah, dan setengahnya bagi hambaku, dan bagi hambaKu apa yang dia pinta.
وَهَكَذَا رَوَاهُ اِبْن إِسْحَاق عَنْ الْعَلَاء وَقَدْ رَوَاهُ مُسْلِم مِنْ حَدِيث اِبْن جُرَيْج عَنْ الْعَلَاء عَنْ أَبِي السَّائِب هَكَذَا وَرَوَاهُ أَيْضًا مِنْ حَدِيث اِبْن أَبِي أُوَيْس عَنْ الْعَلَاء عَنْ أَبِيهِ وَأَبِي السَّائِب كِلَاهُمَا عَنْ أَبِي هُرَيْرَة وَقَالَ التِّرْمِذِيّ هَذَا حَدِيث حَسَن وَسَأَلْت أَبَا زُرْعَة عَنْهُ فَقَالَ كِلَا الْحَدِيثَيْنِ صَحِيح مَنْ قَالَ عَنْ الْعَلَاء عَنْ أَبِي السَّائِب وَعَنْ الْعَلَاء عَنْ أَبِيهِ
Demikian juga meriwayatkannya Ibnu Ishaq, dari Al-‘Alaa. Dan sungguh Imam muslim telah meriwayatkannya dari hadis Juraij, dari Al—‘Alaa, dari Abu as-Saaib demikian. Dan meriwayatkannya juga Ibnu Abi Uwais, dari Al-‘Alaa, dari ayahnya dan Abu as-Saaib keduanya menerima dari Abu Hurairah. At-Tirmidzi berkata, “Hadis ini Hasan, dan aku pernah bertanya kepada Abu Zur’ah tentangnya, maka jawabnya: ‘Kedua hadis itu shahih, yaitu yang dari Al-‘Alaa, dari Abu as-Saaib. Dan dari Al-‘Alaa dari ayahnya.’
وَقَدْ رَوَى هَذَا الْحَدِيث عَبْد اللَّه اِبْن الْإِمَام أَحْمَد مِنْ حَدِيث الْعَلَاء عَنْ أَبِيهِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَة عَنْ أُبَيّ بْن كَعْب مُطَوَّلًا
Sungguh meriwayatkannya juga hadis ini ‘Abdullah ibn Imam Ahmad dari hadis Al-‘Alaa, dari ayahnya, dari Abu Hurairah, dari Ubay ibn Ka’ab dengan hadis yang panjang.

وَقَالَ اِبْن جَرِير حَدَّثَنَا صَالِح بْن مِسْمَار الْمَرْوَزِيّ حَدَّثَنَا زَيْد بْن الْحُبَاب حَدَّثَنَا عَنْبَسَة بْن سَعِيد عَنْ مُطَرِّف بْن طَرِيف عَنْ سَعِيد بْن إِسْحَاق عَنْ كَعْب بْن عُجْرَة عَنْ جَابِر بْن عَبْد اللَّه قَالَ : قَالَ رَسُول اللَّه صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ " قَالَ اللَّه تَعَالَى : قَسَمْت الصَّلَاة بَيْنِي وَبَيْن عَبْدِي نِصْفَيْنِ وَلَهُ مَا سَأَلَ فَإِذَا قَالَ الْعَبْد " الْحَمْد لِلَّهِ رَبّ الْعَالَمِينَ" قَالَ حَمِدَنِي عَبْدِي وَإِذَا قَالَ " الرَّحْمَن الرَّحِيم " قَالَ أَثْنَى عَلَيَّ عَبْدِي ثُمَّ قَالَ هَذَا لِي وَلَهُ مَا بَقِيَ " وَهَذَا غَرِيب مِنْ هَذَا الْوَجْه.
Ibn Jarir berkata: Telah menjelaskan kepada kami Shaalih ibn Mismar Al-Marwaziy, telah menjelaskan kepada kami Zaid ibn Hubaab, telah menjelaskan kepada kami ‘Anbasah ibn Sa’id, dari Mutharrif ibn Tharif, dari Sa’id ibn Ishaq, dari ka’ab ibn ‘Ujrah, dari Jaabir ibn ‘Abdullah ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Allah Ta’ala berfirman: Aku telah membagi shalat antara Aku dan hambaKu menjadi dua bagian, dan baginya apa yang dia pinta. Maka jika seorang hamba membaca: Alhamdulillaahi Rabbil ‘Aalamiin, Allah berfirman: HambaKu telah memujiKu. Dan jika ia membaca: Arrahmaanir Rahiim, Allah berfirman: HambaKu telah menyanjungKu. Kemudian Allah berfirman: Ini adalah bagiKu dan baginya apa-apa yang tersisa.Hadis ini gharib melalui jalur ini. (Al-Hafidz Ibnu Katsir, Tafsir Al-Qur'an Al-'Adzim, I dari 4 Jilid: hlm 18-20. Beirut-Libanon: Dar el-Fikr, 2011)

by Bidang Pendidikan PC Pemuda Persis Pangalengan.

@ Kominfo PC Pemuda Persis Pangalengan.

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar, kritik dan saran yang membangun sangatlah diharapkan

Lebih baru Lebih lama