Istiqomah salah satu ungkapan yang sering kita dengar,
dan sering pula kita ungkapkan. Istiqomah lafal mengandung makna yang bernilai
tinggi, menarik perhatian bagi setiap orang yang berkeinginan hidup dan
kehidupannya dalam kebenaran. Tentu saja hal ini hendaklah tidak sebatas
ungkapan kata-kata saja, akan tetapi mesti menjadi karakter dan sikap dalam
segala ruang lingkup kehidupannya.
Kiranya perlu kita ungkapkan apa makna Istiqomah itu agar
tidak terjadi kesalahan dalam penerapannya.
اَلْإِسْتِقَامَةُ: اَلْإِسْتِمْرَارُ فِيْ جِهَةٍ وَاحِدَةٍ مِنْ غَيرِ أَخْذٍ فِيْ
جِهَةِ اليَمِيْنِ وَالشِّمَالِ.
Istiqomah adalah terus menerus dalam satu arah tanpa
mengambil ke kanan dan ke kiri. Al-Qurthubiy, VII: 107.
Dalam tafsir al-Maraghi diterangkan: Hendaklah tetap pada
jalan yang lurus yang tidak bengkok.
Dengan demikian Istiqomah itu adalah tetap teguh pada
jalan yang lurus dengan tidak melihat ke kanan dan ke kiri. Dengan kata lain
tetap tegaknya dalam menjalankan perintah Allah dan menjauhi cegahan-Nya.
Imam al-Maraghi menjelaskan:
اَلإِسْتِقَامَةُ: كَلِمَةٌ جَامِعَةٌ
لِكُلِّ مَا يَتَعَلَّقُ بِالعِلْمِ وَالعَمَلِ وَالأَخْلَاقِ الفَضِيْلَةِ.
Istiqomah adalah kalimah yang mencakup bagi seluruh yang
berhubungan dengan ilmu, amal dan akhlak yang utama. Al-Maraghi, XVIII: 90.
Untuk mewujudkan sikap istiqomah dalam segala ruang
lingkup kehidupan kita, tentunya tidak semudah mengungkapkan dalam kata-kata,
karena mempertahankan sikap di atas kebenaran, seringkali berbenturan dengan
berbagai kepentingan baik pribadi, keluarga maupun lingkungan. Adakalanya
keadaan itu terpaksa harus berubah walau tidak selamanya. Kendati demikian,
usaha untuk istiqomah harus terus berjalan, walaupun tidak bisa mencapai
tingkat utama, namun bukan berarti harus ditinggalkan, dengan kata lain apa
yang tidak bisa dicapai semuanya jangan ditinggalkan semuanya.
ISTIQOMAH
DENGAN ILMU
Jika kita merujuk kepada keterangan dalam kitab tafsir di
atas, jelas bahwa istiqomah itu harus ditunjang dengan keilmuan. Yang dengannya
menjadi jelas batas-batas antara yang benar dan yang salah, yang lurus dan
bengkok, bahkan dengan ilmu itu pula jelas batasan setiap perkara. Oleh
karenanya akan teguhlah pendirian di atas kebenaran itu. Akan tetapi
sebaliknya, tanpa ilmu mustahil dapat bersikap istiqomah.
Namun di lapangan ternyata kita dapatkan banyak pemilik
ilmu yang tidak teguh pendiriannya. Jika demikian tidak semua pemilik ilmu
pasti istiqomah, namun yang istiqamah pasti memiliki ilmu.
Dalam kitab Kasyfu al-Kurbah diterangkan bahwa
pemilik ilmu terbagi tiga golongan: 1. Ahlu syubuhat. 2. Ahlusy syahawat. 3.
Ahlul ilmu hum ahluhu.
AHLUSY
SYUBUHAT
Ahlusy Syubuhat adalah golongan pemilik ilmu yang tidak
lepas dari keragu-raguan. Seringkali mereka merasa kurang banyak, kurang Afdhal
dan kurang sempurna, jika beramal hanya dengan yang dicontohkan oleh Nabi Saw.
Karena itulah dibuatkan berbagai tambahan-tambahan dalam ibadah dengan alasan
agar lebih utama, lebih sempurna. Akhirnya ibadah direkayasa oleh pikiran dan
perasaan manusia, maka lahirlah berbagai bid'ah dalam ibadah.
Keinginan untuk mencapai kesempurnaan dan keutamaan, hal
itu sesuatu yang wajar bagi setiap manusia dari sejak manusia itu ada, namun
tentu saja harus jelas batasannya dan batasan sempurna itu harus bersifat
mutlak tidak relatif, dan batasan yang mutlak itu adalah batasan dari Allah
yang Maha Sempurna dan Maha Tahu tentang batasan sempurna bagi makhluk-Nya.
عَنْ عَائِشَةَ
قَالَتْ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذَا
أَمَرَهُمْ أَمَرَهُمْ مِنْ الْأَعْمَالِ بِمَا يُطِيقُونَ قَالُوا إِنَّا لَسْنَا
كَهَيْئَتِكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ قَدْ غَفَرَ لَكَ مَا تَقَدَّمَ
مِنْ ذَنْبِكَ وَمَا تَأَخَّرَ فَيَغْضَبُ حَتَّى يُعْرَفَ الْغَضَبُ فِي وَجْهِهِ
ثُمَّ يَقُولُ إِنَّ أَتْقَاكُمْ وَأَعْلَمَكُمْ بِاللَّهِ أَنَا.
Dari Aisyah Ra., ia berkata: "Rasulullah Saw.
apabila memerintah mereka, beliau memerintahkan dengan amal yang mereka
mampu." Mereka berkata, "Kami tidak seperti engkau wahai Rasulullah,
sesungguhnya Allah telah mengampuni dosa anda yang lalu dan yang akan
datang." Maka beliau marah sehingga kemarahan itu terlihat pada wajahnya,
lalu bersabda, "Sesungguhnya yang paling takwa dan mengenal Allah adalah
aku." Hr. al-Bukhariy.
Pada hadis lain diterangkan bahwa di zaman Rasulullah Saw.
ada tiga orang sahabat yang bertanya kepada istri Nabi Saw. tentang ibadah
beliau. Setelah mendapat penjelasan, mereka pun berkesimpulan, dan berkata,
"Nabi Saw. yang sudah diampuni dosanya yang lalu dan yang akan datang
demikian rajinnya dalam beribadah. Maka kita yang belum tentu diampuni dosa,
tentu harus lebih rajin daripadanya. Maka yang seorang berkata, "Aku akan
shalat malam tidak akan tidur." Yang seorang lagi berkata, "Aku akan
shaum, tidak akan berbuka." Yang seorang lagi berkata, "Aku tidak akan
beristri (akan beribadah terus menerus)."
Inilah bukti bahwa adanya rasa ketidakpuasan dengan
ibadah yang sudah ada, namun pada saat itu Nabi meluruskannya dan beliau pun
mengajarkan kepada mereka bahwa yang paling utama itu adalah yang dicontohkan
oleh beliau, dengan demikian ibadah yang lebih dari batasan yang beliau
tetapkan itu adalah bukan keutamaan, melainkan kesesatan.
Dari sabda beliau: "Aku yang lebih tahu dan lebih
mengenal Allah." Merupakan batasan, bahwa yang disebut sempurna itu adalah
apa yang telah dicontohkan beliau. Dengan itu para sahabat pun menerimanya
dengan senang hati, merekapun merasa puas dengan ketetapan itu, dan karena itu
para sahabat pun berpegang teguh atas segala ilmu yang mereka terima dari
Rasulullah Saw.
AHLUSY
SYAHAWAT
Ahlusy Syahawat yaitu mereka yang memiliki ilmu, yang
seharusnya dengan ilmu yang mereka miliki itu menjadikan dirinya tetap teguh
dalam kebenaran, karena ilmu itu bagaikan cahaya yang menerangi jalan hidup
sehingga jelas kemana arah yang harus dituju dalam setiap langkahnya. Namun
sayang ilmunya hanya dijadikan alat untuk memenuhi keinginan hawa nafsunya.
Karena itulah mereka tidak teguh pendiriannya, walaupun tidak sesuai dengan
kebenaran. Kelompok ini yang dimitsilkan dalam Al-Qur'an:
وَاتْلُ عَلَيْهِمْ نَبَأَ الَّذِي
آتَيْنَاهُ آيَاتِنَا فَانْسَلَخَ مِنْهَا فَأَتْبَعَهُ الشَّيْطَانُ فَكَانَ مِنَ
الْغَاوِينَ. وَلَوْ شِئْنَا لَرَفَعْنَاهُ بِهَا وَلَكِنَّهُ أَخْلَدَ إِلَى
الأرْضِ وَاتَّبَعَ هَوَاهُ فَمَثَلُهُ كَمَثَلِ الْكَلْبِ إِنْ تَحْمِلْ عَلَيْهِ
يَلْهَثْ أَوْ تَتْرُكْهُ يَلْهَثْ ذَلِكَ مَثَلُ الْقَوْمِ الَّذِينَ كَذَّبُوا
بِآيَاتِنَا فَاقْصُصِ الْقَصَصَ لَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ. سَاءَ مَثَلا
الْقَوْمُ الَّذِينَ كَذَّبُوا بِآيَاتِنَا وَأَنْفُسَهُمْ كَانُوا يَظْلِمُونَ.
Dan bacakanlah kepada mereka berita orang yang telah Kami
berikan kepadanya ayat-ayat Kami (pengetahuan tentang isi Alkitab), kemudian
dia melepaskan diri daripada ayat-ayat itu lalu dia diikuti oleh setan (sampai
dia tergoda), maka jadilah dia termasuk orang-orang yang sesat. Dan kalau Kami menghendaki,
sesungguhnya Kami tinggikan (derajat)nya dengan ayat-ayat itu, tetapi dia
cenderung kepada kehidupan dunia dan menurutkan hawa nafsunya yang rendah, maka
perumpamaannya seperti anjing jika kamu menghalaunya dijulurkannya lidahnya dan
jika kamu membiarkannya dia menjulurkan lidahnya (juga). Demikian itulah
perumpamaan orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami. Maka ceritakanlah
(kepada mereka) kisah-kisah itu agar mereka berpikir. Amatlah buruk perumpamaan
orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan kepada diri mereka sendirilah
mereka berbuat dzalim. QS. Al-A'raf: 175-177.
AHLUL
ILMI
Kelompok yang ketiga ini adalah pemilik ilmu yang
benar-benar telah meyakini kebenaran ilmu dari Allah yang disampaikan oleh
Rasulullah Saw. Mereka jadikan ilmu itu sebagai cahaya penuntun dalam setiap
langkah hidupnya. Mereka amalkan ilmu itu apa adanya, dan merekapun
menjadikannya sebagai hujjah dalam setiap amalnya, dan menjadikan pula sebagai
rujukan untuk setiap masalahnya. Allah berfirman:
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ
آمَنُوا أَطِيعُوا اللَّهَ وَأَطِيعُوا الرَّسُولَ وَأُولِي الْأَمْرِ مِنْكُمْ
فَإِنْ تَنازَعْتُمْ فِي شَيْءٍ فَرُدُّوهُ إِلَى اللَّهِ وَالرَّسُولِ إِنْ
كُنْتُمْ تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ ذلِكَ خَيْرٌ وَأَحْسَنُ
تَأْوِيلاً.
Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah
Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan
pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Alquran) dan
Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari
kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.
QS. An-Nisa: 59.
Oleh: KH. Zae Nandang (Ketua Dewan Hisbah PP PERSIS)
Dikutip dari: Majalah al-Qudwah
Ditulis ulang oleh: Hanafi Anshory.
Posting Komentar
Terima kasih telah berkomentar, kritik dan saran yang membangun sangatlah diharapkan