KHUTBAH PERTAMA
إِنَّ الْحَمْدَ
لِلَّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِينُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوذُ بِاللَّهِ مِنْ
شُرُورِ أَنْفُسِنَا وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِنَا مَنْ يَهْدِهِ اللَّهُ فَلَا
مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلَا هَادِيَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ
إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ
وَرَسُولُهُ الَّذِيْ لَا نَبِيَّ بَعْدَهُ. أَمَّا بَعْدُ.
فَقَالَ اللهُ تَعَالَى
فِيْ القُرْآنِ الكَرِيْمِ أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ:
اقْتَرَبَتِ السَّاعَةُ وَانْشَقَّ الْقَمَرُ. وَإِنْ يَرَوْا آيَةً
يُعْرِضُوا وَيَقُولُوا سِحْرٌ مُسْتَمِرٌّ. وَكَذَّبُوا وَاتَّبَعُوا
أَهْوَاءَهُمْ وَكُلُّ أَمْرٍ مُسْتَقِرٌّ. وَلَقَدْ جَاءَهُمْ مِنَ الأنْبَاءِ
مَا فِيهِ مُزْدَجَرٌ. حِكْمَةٌ بَالِغَةٌ فَمَا تُغْنِ النُّذُرُ.
Telah dekat (datangnya) saat itu
dan telah terbelah bulan. Dan jika mereka (orang-orang musyrikin) melihat
sesuatu tanda (mukjizat), mereka berpaling dan berkata, "(Ini adalah)
sihir yang terus menerus". Dan mereka mendustakan (Nabi) dan mengikuti
hawa nafsu mereka, sedang tiap-tiap urusan telah ada ketetapannya. Dan
sesungguhnya telah datang kepada mereka beberapa kisah yang di dalamnya terdapat
cegahan (dari kekafiran), itulah suatu hikmah yang sempurna, maka
peringatan-peringatan itu tiada berguna (bagi mereka). QS. Al-Qamar: 1-5.
Jama'ah Jum'at Rahimakumullah!
Sungguh banyak sekali hikmah-hikmah yang terkandung
pada setiap ayat-ayat Allah, baik ayat qauliyyah maupun kauniyyah. Setiap orang
yang bisa melihat dengan mata hatinya dan mengambil hikmah dari ayat-ayat itu,
itulah orang yang beruntung. Semakin banyak hikmah yang didapatkan semakin
takut dan tawadhu (merendah diri) kepada Allah. Oleh karena itu Allah
mengangkat derajatnya semakin tinggi di sisi-Nya.
Sebagai contoh yang nyata adalah orang-orang yang
terdahulu, khususnya para rasul Allah. Mereka semua dengan pandainya mengambil
hikmah dari setiap ayat Allah, mereka semakin tawadhu dan takut kepada Allah.
Terbukti mereka telah mencapai derajat yang tinggi baik di dunia maupun
akhirat. Begitu juga dari kalangan para sahabat Rasulullah Saw. mereka bisa
melihat terhadap ayat-ayat Allah dan mendapatkan hikmah daripadanya. Merekapun
mendapatkan derajat yang tinggi pula di sisi Allah. Sebagai contoh di antaranya:
Seorang yang bernama Abdullah Ibnu Ummi Maktum, ia
seorang yang buta mata zahirnya tetapi awas mata batinnya. Ia datang menghadap
Rasulullah Saw. dan berkata, "Berilah petunjuk kepadaku."
Sementara itu Rasulullah Saw. sedang menghadapi
tokoh-tokoh Quraisy, mereka itu dipandang sebagai orang-orang yang terhormat,
mereka awas mata zahirnya namun buta mata hatinya. Rasulullah Saw. tidak
menghiraukan Ibnu Ummi Maktum yang buta itu, karena beliau sedang menghadapi
mereka dan beliau sangat berharap mereka masuk Islam. Seketika itu turunlah
ayat-ayat teguran kepada beliau, karena sikapnya mengacuhkan Ibnu Ummi Maktum
itu. Seperti ayat berikut ini:
عَبَسَ
وَتَوَلّٰىٓۙ اَنْ جَاۤءَهُ الْاَعْمٰىۗ وَمَا يُدْرِيْكَ لَعَلَّهٗ يَزَّكّٰىٓۙ
اَوْ يَذَّكَّرُ فَتَنْفَعَهُ الذِّكْرٰىۗ اَمَّا مَنِ اسْتَغْنٰىۙ فَاَنْتَ لَهٗ
تَصَدّٰىۗ وَمَا عَلَيْكَ اَلَّا يَزَّكّٰىۗ وَاَمَّا مَنْ جَاۤءَكَ يَسْعٰىۙ
وَهُوَ يَخْشٰىۙ فَاَنْتَ عَنْهُ تَلَهّٰىۚ كَلَّآ اِنَّهَا تَذْكِرَةٌ ۚ فَمَنْ
شَاۤءَ ذَكَرَهٗ ۘ فِيْ صُحُفٍ مُّكَرَّمَةٍۙ مَّرْفُوْعَةٍ مُّطَهَّرَةٍ ۢ ۙ
بِاَيْدِيْ سَفَرَةٍۙ كِرَامٍۢ بَرَرَةٍۗ.
Dia
(Muhammad) bermuka masam dan berpaling, karena telah datang seorang buta
kepadanya. Tahukah kamu barangkali ia ingin membersihkan dirinya (dari dosa).
Atau dia (ingin) mendapatkan pengajaran, lalu pengajaran itu memberi manfaat
kepadanya? Adapun orang yang merasa dirinya serba cukup, maka kamu melayaninya.
Padahal tidak ada (celaan) atasmu kalau dia tidak membersihkan diri (beriman).
Dan Adapun orang yang datang kepadamu dengan bersegera (untuk mendapatkan
pengajaran), sedang ia takut kepada (Allah), maka kamu mengabaikannya.
Sekali-kali jangan (demikian)! Sesungguhnya ajaran-ajaran Tuhan itu adalah
suatu peringatan, maka siapa yang menghendaki, tentulah ia memperhatikannya, di
dalam lembaran yang dimuliakan, yang dijunjung tinggi, yang disucikan, ditangan
para penulis (malaikat), yang mulia lagi berbakti. Qs. ‘Abasa: 1-16.
Ibnu Ummi Maktum, ia menjadi
muadzin di zaman Rasulullah Saw. dengan azannya itu ia menjadi penyeru bagi
setiap orang yang akan melaksanakan salat berjamaah, untuk melakukan ruku dan
sujud di hadapan Allah Swt. Yang Maha Tinggi. Dan adzannya itu pula sekaligus
menjadi tanda dimulainya bagi orang melakukan shaum, seperti pernyataan
Rasulullah Saw.
عَنْ عَائِشَةَ عَنِ
النَّبِيِّ صلى الله عليه وسلم أَنَّهُ قَالَ: إِنَّ بِلَالًا يُؤَذِّنُ بِلَيْلٍ
فَكُلُوا وَاشْرَبُوا حَتَّى يُنَادِيَ ابْنُ أُمِّ مَكْتُومٍ. رواه البخاري.
Dari Aisyah
ra. dari Nabi Saw. sesungguhnya beliau bersabda, “Sesungguhnya Bilal adzan
pada waktu malam. Maka makanlah dan minumlah sehingga Ibnu Ummi Maktum adzan.” Hr.
al-Bukhari.
Begitulah sekelumit dari kisah
seorang tuna Netra yang bernama Ibnu Ummi Maktum, ia bisa melihat tanda-tanda
kebesaran Allah. Namanya terus menjadi sebutan yang baik bagi generasi
selanjutnya dan patut menjadi tauladan hingga akhir zaman. Dia termasuk ‘ibadush-shalihin
yang sudah disediakan tempat yang terhormat di surga Tuhannya.
بَارَكَ اللهُ لِيْ وَلَكُمْ.
KHUTBAH KEDUA
اَلْحَمْدُ للهِ
الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالهُدَى وَدِيْنِ الحَقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ
كُلِّهِ وَكَفَى بِاللهِ شَهِيْدًا، وَأَشْهَدُ أَنْ لَا إِلهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ
أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ. أَمَّا بَعْدُ.
Jamaah jumat rahimakumullah!
Sebaliknya orang-orang yang
dipandang tokoh, terhormat di mata manusia, gagah serta awas mata zahirnya,
tetapi buta mata hatinya. Mereka tidak bisa mengambil hikmah dari ayat-ayat
Allah itu, mereka malah takabbur, tidak ada rasa takut kepada Allah Yang Maha
Gagah, karenanya semakin ujub dan takabbur, semakin rendah derajat mereka di
sisi Allah. Sungguh Allah sangat murka terhadap mereka.
Begitulah para tokoh kafir
Quraisy, yang sampai matinya dalam kekufuran, Namanya menjadi sebutan yang
buruk dan tidak patut menjadi suri tauladan bagi generasi selanjutnya. Mereka
adalah hamba-hamba nafsunya yang sudah disediakan tempat kembalinya di akhirat
kelak neraka Jahannam. Mereka itu termasuk orang-orang yang dinyatakan dalam
ayat-ayat berikut ini:
اَفَلَمْ
يَسِيْرُوْا فِى الْاَرْضِ فَتَكُوْنَ لَهُمْ قُلُوْبٌ يَّعْقِلُوْنَ بِهَآ اَوْ
اٰذَانٌ يَّسْمَعُوْنَ بِهَاۚ فَاِنَّهَا لَا تَعْمَى الْاَبْصَارُ وَلٰكِنْ
تَعْمَى الْقُلُوْبُ الَّتِيْ فِى الصُّدُوْرِ.
Maka apakah
mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati yang dengan itu
mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat
mendengar? Karena sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta ialah hati yang ada di
dalam dada. Qs. Al-Hajj: 46.
وَمَنْ كَانَ
فِيْ هٰذِهٖٓ اَعْمٰى فَهُوَ فِى الْاٰخِرَةِ اَعْمٰى وَاَضَلُّ سَبِيْلًا.
Dan
barangsiapa buta (hatinya) di dunia ini, niscaya di akhirat (nanti) ia akan
lebih buta (pula) dan lebih tersesat dari jalan (yang benar). Qs. Al-Isra:
19.
Jamaah jumat rahimakumullah!
Jika kita perhatikan kenyataan
zaman sekarang, banyak orang yang buta atau pura-pura buta terhadap ayat-ayat
Allah. Mereka buta terhadap ayat qauliyyah maupun ayat-ayat kauniyyah. Bahkan
mereka pun buta terhadap realita bencana yang bencana-bencana itu ada yang
berupa bencana yang tidak hanya menelan korban harta tetapi juga menelan korban
nyawa manusia. Apakah ini sekedar cobaan ataukah siksaan? Masihkah akan tetap
berpura-pura buta akan kenyataan ini? Malahan sungguh sangat mengerikan sekali
di tengah bencana yang sedang melanda justru malah sengaja dengan angkuhnya membuat
pernyataan, baik dengan ucapan atau perbuatan yang menentang dan melawan aturan
Allah Swt. Yang Maha Gagah. Sungguh hina orang-orang itu di hadapan Allah. Na’udzubillahi
min dzalika.
Pelajaran yang sangat berharga
bagi kita, yaitu kita hendaknya tetap memelihara penglihatan kita baik zahir
maupun batin, agar kita bisa melihat setiap tanda-tanda kebesaran Allah, agar
semakin hari semakin takut kepada Allah Swt. dan semakin tawadhu kepada-Nya.
Mudah-mudahan Allah Swt. memasukkan kita kepada golongan orang-orang yang
diangkat derajatnya dan dimasukkan pula ke dalam golongan orang-orang yang
shalih, seperti Ibnu Ummi Maktum.
أَقُوْلُ
قَوْلِيْ هذَا وَاسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ وَالسَّلَامُ عَلَيْكُمْ
وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ.
Oleh: KH.
Zae Nandang (Ketua Dewan Hisbah PP PERSIS)
Ditulis ulang
oleh: Hanafi Anshory
Sumber: Majalah al Qudwah No. 74 Jumadil Ula 1426 H/ 2006 M hlm. 52-56.
Posting Komentar
Terima kasih telah berkomentar, kritik dan saran yang membangun sangatlah diharapkan