STRUKTUR KITAB AL-IMAN SHAHIH AL-BUKHARI

1.       بَابُ قَوْلِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ.

1. Bab Sabda Nabi Saw., “Islam dibangun atas lima perkara.”

2.      بَابٌ دُعَاؤُكُمْ إِيمَانُكُمْ لِقَوْلِهِ عَزَّ وَجَلَّ [قُلْ مَا يَعْبَأُ بِكُمْ رَبِّي لَوْلَا دُعَاؤُكُمْ] وَمَعْنَى الدُّعَاءِ فِي اللُّغَةِ الْإِيمَانُ.

2. Bab Do’a Kalian adalah Keimanan Kalian, Berdasarkan Firman Allah yang Maha Mulia dan Maha Tinggi: “Katakanlah (kepada orang-orang musyrik), ‘Tuhanku tidak mengindahkan kalian melainkan kalau ada ibadah kalian’…” ma’na ad-Du’a menurut bahasa artinya al-Iman (keimanan).

3.     بَابُ أُمُورِ الْإِيمَانِ وَقَوْلِ اللهِ تَعَالَى [لَيْسَ الْبِرَّ أَنْ تُوَلُّوا وُجُوهَكُمْ قِبَلَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ وَلَكِنَّ الْبِرَّ مَنْ آمَنَ بِاللهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَالْمَلَائِكَةِ وَالْكِتَابِ وَالنَّبِيِّينَ وَآتَى الْمَالَ عَلَى حُبِّهِ ذَوِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينَ وَابْنَ السَّبِيلِ وَالسَّائِلِينَ وَفِي الرِّقَابِ وَأَقَامَ الصَّلَاةَ وَآتَى الزَّكَاةَ وَالْمُوفُونَ بِعَهْدِهِمْ إِذَا عَاهَدُوا وَالصَّابِرِينَ فِي الْبَأْسَاءِ وَالضَّرَّاءِ وَحِينَ الْبَأْسِ أُولَئِكَ الَّذِينَ صَدَقُوا وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُتَّقُونَ] [قَدْ أَفْلَحَ الْمُؤْمِنُونَ] الْآيَةَ.

3. Bab Perkara-perkara Keimanan, dan Firman Allah Ta’ala, “Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah kebajikan orang yang beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi, dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan), dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan salat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji; dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan, dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang bertakwa.” Qs. Al-Baqarah [2]: 177. “Sungguh beruntunglah orang-orang yang beriman.” Qs. Al-Mu’minun [23]: 1. Al-Ayat.

4.      بَابٌ الْمُسْلِمُ مَنْ سَلِمَ الْمُسْلِمُونَ مِنْ لِسَانِهِ وَيَدِهِ.

4. Bab Muslim itu Orang yang Selamat Orang-orang Muslim dari Lisan dan Tangannya.

5.     بَابٌ أَيُّ الْإِسْلَامِ أَفْضَلُ.

5. Bab Islam Apakah yang Paling Utama?.

6.     بَابٌ إِطْعَامُ الطَّعَامِ مِنَ الْإِسْلَامِ.

6. Bab Memberi Makanan Bagian dari Islam.

7.     بَابٌ مِنَ الْإِيمَانِ أَنْ يُحِبَّ لِأَخِيهِ مَا يُحِبُّ لِنَفْسِهِ.

7. Bab Bagian Iman Mencintai bagi Saudaranya Apa yang Dicintai bagi Dirinya.

8.     بَابٌ حُبُّ الرَّسُولِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنَ الْإِيمَانِ.

8. Bab Mencintai Rasul Saw. Bagian Iman.

9.      بَابُ حَلَاوَةِ الْإِيمَانِ.

9. Bab Manisnya Iman.

10.  بَابٌ عَلَامَةُ الْإِيمَانِ حُبُّ الْأَنْصَارِ.

10. Bab Tanda Iman Mencintai Kaum Anshar.

11.   بَابُ الحديث رقم 18.

11. Bab Hadis Nomor 18.

12.  بَابٌ مِنَ الدِّينِ الْفِرَارُ مِنَ الْفِتَنِ.

12. Bab Bagian dari Agama: Lari dari Berbagai Fitnah.

13. بَابُ قَوْلِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَا أَعْلَمُكُمْ بِاللهِ. وَأَنَّ الْمَعْرِفَةَ فِعْلُ الْقَلْبِ لِقَوْلِ اللهِ تَعَالَى [وَلَكِنْ يُؤَاخِذُكُمْ بِمَا كَسَبَتْ قُلُوبُكُمْ].

13. Bab Sabda Nabi Saw., “Aku yang paling tahu bagi kalian tentang Allah.” bahwa ma’rifah [pengetahuan] itu perbuatan hati, berdasarkan firman Allah Ta’ala, “…tetapi Allah menghukum kalian disebabkan (sumpah kalian) yang disengaja (untuk bersumpah) dalam hati kalian…”. Qs. Al-Baqarah [2]: 225.

14.  بَابُ مَنْ كَرِهَ أَنْ يَعُودَ فِي الْكُفْرِ كَمَا يَكْرَهُ أَنْ يُلْقَى فِي النَّارِ مِنَ الْإِيمَانِ.

14. Bab Siapa yang Membenci untuk Kembali pada Kekufuran Sebagaimana Kebenciannya Jika Dilemparkan pada Neraka; adalah Bagian Keimanan.

15. بَابُ تَفَاضُلِ أَهْلِ الْإِيمَانِ فِي الْأَعْمَالِ.

15. Keutamaan-keutamaan Ahli Iman pada Amal-amalnya.

16. بَابٌ الْحَيَاءُ مِنَ الْإِيمَانِ.

16. Bab Malu itu Bagian Iman.

17. بَابٌ [فَإِنْ تَابُوا وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَآتَوُا الزَّكَاةَ فَخَلُّوا سَبِيلَهُمْ].

17. Bab […Jika mereka bertobat dan mendirikan salat dan menunaikan zakat, maka berilah kebebasan kepada mereka untuk berjalan…] Qs. At-Taubah [9]: 5.

18. بَابُ مَنْ قَالَ إِنَّ الْإِيمَانَ هُوَ الْعَمَلُ. لِقَوْلِ اللهِ تَعَالَى [وَتِلْكَ الْجَنَّةُ الَّتِي أُورِثْتُمُوهَا بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ] وَقَالَ عِدَّةٌ مِنْ أَهْلِ الْعِلْمِ فِي قَوْلِهِ تَعَالَى [فَوَرَبِّكَ لَنَسْأَلَنَّهُمْ أَجْمَعِينَ عَمَّا كَانُوا يَعْمَلُونَ] عَنْ قَوْلِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَقَالَ [لِمِثْلِ هَذَا فَلْيَعْمَلِ الْعَامِلُونَ].

18. Bab Orang yang Mengatakan, “Sesungguhnya iman itu adalah amal”, berdasarkan firman Allah Ta’ala, “Dan itulah surga yang diwariskan kepadamu disebabkan amal-amal yang dahulu kamu kerjakan.” Qs. Az-Zukhruf [43]: 72. Beberapa dari ahli ilmu berkata tentang firman-Nya Ta’ala, “Maka demi Tuhanmu, Kami pasti akan menanyai mereka semua tentang apa yang telah mereka kerjakan dahulu.” Qs. Al-Hijr [15]: 92-93, dari ucapan “Tidak ada tuhan selain Allah”. dan firman Allah, “Untuk kemenangan serupa ini hendaklah berusaha orang-orang yang bekerja.” Qs. Ash-Shaffat [31]: 61.

19.  بَابٌ إِذَا لَمْ يَكُنِ الْإِسْلَامُ عَلَى الْحَقِيقَةِ وَكَانَ عَلَى الِاسْتِسْلَامِ أَوِ الْخَوْفِ مِنَ الْقَتْلِ. لِقَوْلِهِ تَعَالَى [قَالَتِ الْأَعْرَابُ آمَنَّا قُلْ لَمْ تُؤْمِنُوا وَلَكِنْ قُولُوا أَسْلَمْنَا] فَإِذَا كَانَ عَلَى الْحَقِيقَةِ فَهُوَ عَلَى قَوْلِهِ جَلَّ ذِكْرُهُ [إِنَّ الدِّينَ عِنْدَ اللهِ الْإِسْلَامُ] [وَمَنْ يَبْتَغِ غَيْرَ الْإِسْلَامِ دِينًا فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْهُ].

19. Bab Jika Masuk Islam Tidak Sebenar-benarnya, Tetapi Karena Ingin Selamat atau Takut Terbunuh, berdasarkan firman Allah Ta’ala, “orang-orang Arab Badui itu berkata, ‘Kami telah beriman,’ Katakanlah (kepada mereka), ‘Kamu belum beriman, tetapi katakanlah: Kami telah tunduk’…” Qs. Al-Hujurat [49]: 14. Maka apabila sebenar-benarnya itu adalah Islam berdasarkan firman Allah, “Sesungguhnya agama di sisi Allah itu adalah Islam.” Qs. Ali Imran [3]: 19. “Barangsiapa yang mencari selain Islam sebagai agama, maka tidaklah akan diterima darinya…” Qs. Ali Imran [3]: 85.

20. بَابُ السَّلَامِ مِنَ الْإِسْلَامِ. وَقَالَ عَمَّارٌ ثَلَاثٌ مَنْ جَمَعَهُنَّ فَقَدْ جَمَعَ الْإِيمَانَ الْإِنْصَافُ مِنْ نَفْسِكَ وَبَذْلُ السَّلَامِ لِلْعَالَمِ وَالْإِنْفَاقُ مِنَ الْإِقْتَارِ.

20. Bab Salam Bagian dari Islam. ‘Ammar berkata, “Tiga perkara yang barangsiapa menyatukannya, sungguh ia telah mengumpulkan keimanan: 1Berlaku adil dari dirimu, 2Memberi Salam bagi Setiap Orang, dan 3Infaq ketika butuh.”

21.  بَابُ كُفْرَانِ الْعَشِيرِ وَكُفْرٍ دُونَ (بَعْدَ) كُفْرٍ فِيهِ عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.

21. Bab Menutup-nutupi Kebaikan itu dan Kufur Dibawah (Setelah) Kekufuran. Tentangnya dari Abu Sa’id al-Khudriy dari Nabi Saw.

22. بَابٌ الْمَعَاصِي مِنْ أَمْرِ الْجَاهِلِيَّةِ وَلَا يُكَفَّرُ (يَكْفُرُ) صَاحِبُهَا بِارْتِكَابِهَا إِلَّا بِالشِّرْكِ. لِقَوْلِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّكَ امْرُؤٌ فِيكَ جَاهِلِيَّةٌ وَقَوْلِ اللهِ تَعَالَى [إِنَّ اللهَ لَا يَغْفِرُ أَنْ يُشْرَكَ بِهِ وَيَغْفِرُ مَا دُونَ ذَلِكَ لِمَنْ يَشَاءُ].

22. Bab Kemaksiatan itu dari Perbuatan Jahiliyah, dan Tidaklah Dipandang Kufur (Mengkufurkan) Pelakunya dengan Berbuatnya, kecuali (melakukan itu) dengan Syirik, berdasarkan sabda Nabi Saw., “Sesungguhnya kamu ada urusan padamu (sifat) jahiliyah.” Dan firman Allah Ta’ala, “Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu bagi siapa yang dikehendaki-Nya…” Qs. An-Nisa [4]: 48.

23. بَابٌ [وَإِنْ طَائِفَتَانِ مِنَ الْمُؤْمِنِينَ اقْتَتَلُوا فَأَصْلِحُوا بَيْنَهُمَا] فَسَمَّاهُمُ الْمُؤْمِنِينَ.

23. Bab [Dan jika ada dua golongan dari orang-orang mukmin berperang, maka damaikanlah antara keduanya…] Qs. Al-Hujurat [49]: 9, maka dinamakanlah mereka itu orang-orang yang beriman.

24.  بَابٌ ظُلْمٌ دُونَ ظُلْمٍ.

24. Bab Kedzaliman Dibawah Kedzaliman.

25. بَابُ عَلَامَةِ الْمُنَافِقِ.

25. Bab Tanda Munafik.

26. بَابٌ قِيَامُ لَيْلَةِ الْقَدْرِ مِنَ الْإِيمَانِ.

26. Bab Beribadah Lailalatul Qadar Bagian dari Iman.

27. بَابٌ الْجِهَادُ مِنَ الْإِيمَانِ.

27. Bab Jihad Bagian dari Iman.

28. بَابٌ تَطَوُّعُ قِيَامِ رَمَضَانَ مِنَ الْإِيمَانِ.

28. Bab Ibadah Tathawwu’ Qiyam Ramadhan Bagian dari Iman.

29. بَابٌ صَوْمُ رَمَضَانَ احْتِسَابًا مِنَ الْإِيمَانِ.

29. Bab Puasa Ramadhan dengan Mengharap Pahala Bagian dari Iman.

30. بَابٌ الدِّينُ يُسْرٌ. وَقَوْلُ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَحَبُّ الدِّينِ إِلَى اللهِ الْحَنِيفِيَّةُ السَّمْحَةُ.

30. Bab Agama itu Mudah. Sabda Nabi Saw., “Agama yang paling dicintai oleh Allah adalah kecenderungan (berpegang teguh pada Islam) yang bermurah hati.”

31. بَابٌ الصَّلَاةُ مِنَ الْإِيمَانِ. وَقَوْلُ اللهِ تَعَالَى [وَمَا كَانَ اللهُ لِيُضِيعَ إِيمَانَكُمْ] يَعْنِي صَلَاتَكُمْ عِنْدَ الْبَيْتِ.

31. Bab Shalat Bagian Iman. Firman Allah Ta’ala, “…dan Allah tidak akan menyia-nyiakan iman kalian…” Qs. Al-Baqarah [2]: 143, yaitu Shalat kalian di Rumah Allah.

32. بَابُ حُسْنِ إِسْلَامِ الْمَرْءِ.

32. Bab Kebaikan Islam Seseorang.

33.     بَابٌ أَحَبُّ الدِّينِ إِلَى اللهِ أَدْوَمُهُ.

33. Bab Agama yang Paling Dicintai Allah adalah Terus-menerusnya.

34.      بَابُ زِيَادَةِ الْإِيمَانِ وَنُقْصَانِهِ. وَقَوْلِ اللهِ تَعَالَى [وَزِدْنَاهُمْ هُدًى] [وَيَزْدَادَ الَّذِينَ آمَنُوا إِيمَانًا] وَقَالَ [الْيَوْمَ أَكْمَلْتُ لَكُمْ دِينَكُمْ] فَإِذَا تَرَكَ (تَرَكْتَ) شَيْئًا مِنَ الْكَمَالِ فَهُوَ نَاقِصٌ.

34. Bab Bertambahnya Iman dan Berkurangnya. Firman Allah Ta’ala, “…dan Kami tambah pula untuk mereka petunjuk.Qs. Al-Kahfi [18]: 13. [agar orang yang beriman bertambah imannya ] Qs. Al-Muddatsir [74]: 31. […Pada hari ini telah Ku sempurnakan bagi kalian agama kalian…] Qs. Al-Maidah [5]: 3; maka jika meninggalkan (engkau meninggalkan) sesuatu dari kesempurnaan itu, maka disebutlah yang berkurang.

35.     بَابٌ الزَّكَاةُ مِنَ الْإِسْلَامِ. وَقَوْلُهُ [وَمَا أُمِرُوا إِلَّا لِيَعْبُدُوا اللهَ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ حُنَفَاءَ وَيُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُؤْتُوا الزَّكَاةَ وَذَلِكَ دِينُ الْقَيِّمَةِ].

35. Bab Zakat Bagian dari Islam. Firman-Nya, Mereka tidak diperintah, kecuali untuk menyembah Allah dengan mengikhlaskan ketaatan kepada-Nya lagi hanif (istikamah), melaksanakan salat, dan menunaikan zakat. Itulah agama yang lurus (benar).Qs. Al-Bayyinah [98]: 5.

36.     بَابٌ اتِّبَاعُ الْجَنَائِزِ مِنَ الْإِيمَانِ.

36. Bab Mengikuti Jenazah Bagian dari Iman.

37.     بَابُ خَوْفِ الْمُؤْمِنِ مِنْ أَنْ يَحْبَطَ عَمَلُهُ وَهُوَ لَا يَشْعُرُ.

37. Bab Ketakutan Mu’min dari Keguguran Amalnya, saat dia Tidak Menyadarinya.

38.     بَابُ سُؤَالِ جِبْرِيلَ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنِ الْإِيمَانِ وَالْإِسْلَامِ وَالْإِحْسَانِ وَعِلْمِ السَّاعَةِ وَبَيَانِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَهُ. ثُمَّ قَالَ جَاءَ جِبْرِيلُ عَلَيْهِ السَّلَام يُعَلِّمُكُمْ دِينَكُمْ فَجَعَلَ ذَلِكَ كُلَّهُ دِينًا وَمَا بَيَّنَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِوَفْدِ عَبْدِ الْقَيْسِ مِنَ الْإِيمَانِ وَقَوْلِهِ تَعَالَى [وَمَنْ يَبْتَغِ غَيْرَ الْإِسْلَامِ دِينًا فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْهُ].

38. Bab Pertanyaan Jibril kepada Nabi Saw. tentang Iman, Islam, Ihsan dan Ilmu Kiamat serta Penjelasan Nabi Saw. kepadanya. Kemudian Nabi Saw. bersabda, “Jibril as. telah datang mengajarkan kepada kalian agama kalian, maka jadikanlah itu semuanya sebagai agama.” Dan perkara yang Nabi Saw. menjelaskannya perihal hijrahnya ‘Abdul Qays bagian dari iman; serta firman Allah Ta’ala, “Barangsiapa yang mencari selain Islam sebagai agama, maka tidaklah akan diterima darinya…” Qs. Ali Imran [3]: 85.

39.     بَابُ الحديث رقم 51.

39. Bab Hadis Nomor 51.

40.       بَابُ فَضْلِ مَنِ اسْتَبْرَأَ لِدِينِهِ.

40. Bab Keutamaan Orang yang Meninggalkan Semua Hal yang Meragukan Demi Kepentingan Agamanya.

41.        بَابٌ أَدَاءُ الْخُمُسِ مِنَ الْإِيمَانِ.

41. Bab Menunaikan Seperlima itu Bagian dari Iman.

42.       بَابُ مَا جَاءَ إِنَّ (أَنَّ) الْأَعْمَالَ بِالنِّيَّةِ وَالْحِسْبَةِ وَلِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى. فَدَخَلَ فِيهِ الْإِيمَانُ وَالْوُضُوءُ وَالصَّلَاةُ وَالزَّكَاةُ وَالْحَجُّ وَالصَّوْمُ وَالْأَحْكَامُ وَقَالَ اللهُ تَعَالَى [قُلْ كُلٌّ يَعْمَلُ عَلَى شَاكِلَتِهِ] عَلَى نِيَّتِهِ نَفَقَةُ الرَّجُلِ عَلَى أَهْلِهِ يَحْتَسِبُهَا صَدَقَةٌ وَقَالَ وَلَكِنْ جِهَادٌ وَنِيَّةٌ.

42. Bab Keterangan yang Datang, “Sungguh amal-amal itu beserta niatnya dan harapan memperoleh pahala [dari Allah], dan bagi setiap orang apa yang diniatkannya.” Termasuk padanya iman, wudlu, shalat, zakat, hajji, puasa dan hukum-hukum itu. Firman Allah Ta’ala, “Tiap-tiap orang berbuat menurut keadaannya masing-masing…” Qs. Al-Isra [17]: 84, berdasarkan niatnya nafkah suami kepada istrinya dengan mengharap memperoleh pahala dengannya, itulah shadaqah. Dan sabda Nabi Saw., “…akan tetapi jihad dan niat.”

43. بَابُ قَوْلِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الدِّينُ النَّصِيحَةُ لِلهِ وَلِرَسُولِهِ وَلِأَئِمَّةِ الْمُسْلِمِينَ وَعَامَّتِهِمْ. وَقَوْلِهِ تَعَالَى [إِذَا نَصَحُوا لِلهِ وَرَسُولِهِ].

43. Bab Sabda Nabi Saw., “Agama itu nasihat bagi Allah, Rasul-Nya, para pemimpin orang-orang muslim, dan umumnya umat mereka.” Firman Allah Ta’ala, “…Apabila mereka berlaku ikhlas kepada Allah dan Rasul-Nya…” Qs. At-Taubah [9]: 91.

 

Keterangan: Kitab (Topik Pembahasan) Perihal Keimanan pada Shahih al-Bukhari terdiri dari 43 bab, mulai dari hadis nomor 8 sampai dengan nomor 58, yakni berisi 50 hadis.

 

Wallâhu A’lam, Hanafi Anshory.

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar, kritik dan saran yang membangun sangatlah diharapkan

Lebih baru Lebih lama