DAKWAH DAN KEBUDAYAAN


DAKWAH KEBUDAYAAN DAN LINGKUNGAN
(kang Farid, Ust. Amin, Ust. Rosihan)

Kang Farid
- muhasabah terhadap diri akan perkembangan zaman terhadap sesuatu yang instan
- makna budaya menurut Belanda adalah kultur artinya bagaimana mengelola alam yang melahirkan budaya seperti bercocok tanam.
- peragaan yang ditampilkan oleh pantomim memperlihatkan botol minuman bekas yang mewakili air terhadap masa depannya yang posisi sentral terhadap kehidupan.
- dakwah budaya artinya menjelaskan terhadap kelestariannya. "wahai anakku, sebutlah nama Tuhanmu makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah yang di dekatmu"
- hadist tersebut makna nya adalah dari apa yang kita hasilkan dipekarangan sendiri. ini adalah budaya harus berdikari pada makanan yang dihasilkan oleh kita sendiri, tidak menunggu/mengandalkan ekspor dari negara lain (abasa: 25-32)
- dewasa ini kita terlupakan akan hal tersebut, sehingga apa yang kita makan banyak berakhir menjadi sampah berbuah musibah.
- generasi muda harus terdepan pada kerusakam lingkungan, karena sesuai al-Qur'an dan Hadist yaitu mencintai dan menjaga lingkungan.
- cara kita melihat tambang itu pada qaidah (ushul fiqh) apakah masih relevan atau bisa di rekonsiliasiasi
- dalam pertambangan dilihat dalam dimensi yang luas.

Ust. Rosihan Fahmi
- apa yang terlintas dalam pikiran ketika ditanya tentang lingkungan?
- kurung batokeun menjadi karakter terpenjara dan terjebak ketika disuguhkan dengan permasalahan lingkungan ataupun dakwah.
- irisan budaya yang masuk pada diri kita terlihat yaitu penampilan, hal itu ditandai dengan penampilan, gaya bicara maupun lainnya. maka pertanyaannya apa yang akan anda suguhkan budaya apa yang akan dilakukan untuk diikuti oleh masyarakat?
- kegelisahan terhadap sebuah masalah identitas budaya.
- budaya hari ini mudah berkumpul dengan sesama jenis kesukaan, pertanyaannya apa yang harus dilakukan?
- healing harus melahirkan problem solving.
- persis itu produk kota tetapi kenapa bisa diterima oleh semua khalayak. aqidah dan syariah sehingga bisa diterima tetapi budaya dan culture ditempat tersebut jangan dihilangkan. sehingga orang tuanya nelayan tetapi nol koma sekian persen justru tidak mau mengikuti jejak orang tuanya. maka inilah yang luput dari kita bahwa pesantren persis khususnya membunuh akan potensi kearifan lokal.

Kang Wanggihoed
- pantomim tanpa kata yaitu tidak mengekang terhadap inspirasi dan imajinasi.
- seimbang dan harmoni merupakan pesan yang coba disampaikan lewat pertunjukan tadi bahwa kepekaan terhadap isu lingkungan harus dibarengi dengan tindakan yang terstruktur melalui potensi berbagai insan.

Ust. Amin
- keminiman budaya dan lingkungan  
- upaya dakwah berupaya kegelapan untuk mencapai kepada cahaya 

-contoh budaya seperti hed nya perempuan karen beda beda ada yang 7 hari ,5 haridan ada yang dilahat warna darahnya dan budaya sama di lihat dari dari perbedaan hedya perempuan 

-dan budaya kalau tidak bertentangan yaitu media untuk dakwah dan itu disebut ma'ruf 
-dan apabila budaya bertentengan dan itu disebut munkar.

Notulen,
Tim Kontingen TITN PC Pemuda PERSIS Pangalengan.

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar, kritik dan saran yang membangun sangatlah diharapkan

Lebih baru Lebih lama