BERMAKMUM IMAM JELEK BACAAN


BERMAKMUM PADA IMAM YANG JELEK BACAAN QUR'ANNYA

Bagaimana hukum imam yang salah dalam membaca Al-fatihah baik makhraj maupun tanda baca lainnya. Apakah berjamaahnya sah?

Jawaban:

Membaca al-Fatihah merupakan rukun dalam ibadah shalat. Tidak sah shalat tanpa membaca al-Fatihah.

قال النبي صلى الله عليه وسلم: لَا صَلَاةَ لِمَنْ لَمْ يَقْرَأُ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ.
Nabi Saw bersabda, "Tidak (sah) shalat (rakaat) bagi orang yang tidak membaca al-Fatihah." (HR. Muslim, 1: 295)

Idealnya kriteria imam itu yang paling banyak hafal Al-Qur'an, yang lebih tahu tentang Sunnah Nabi, yang lebih dulu hijrahnya, dan yang lebih tua usianya. Sebagaimana diterangkan dalam hadis berikut:

عَنْ أَبِي مَسْعُودٍ الْأَنْصَارِي قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم: يَوْمُ الْقَوْمَ أَقْرَؤُهُمْ لِكِتَابِ اللَّهِ فَإِنْ كَانُوْا لِلْقِرَأَةِ سَوَاءٌ فَأَعْلَمُهُمْ لِلسُّنَّةِ فَإِنْ كانوا فِي السُّنَّةِ سَوَاءً فَأَقْدَمُهُمْ هِجْرَةً فَإِنْ كَانُوا فِي الْهِجْرَةِ سَوَاءً فَأَقْدَمُهُمْ سِنَّا.
Dari Abu Mas'ud Al-Anshari, ia berkata, Rasulullah Saw bersabda, "Yang mengimami satu kaum hendaklah mereka yang paling menguasai kitab Allah (Al-Quran). Apabila mereka sama dalam menguasai Al-Quran, hendaklah yang lebih tahu tentang Sunnah Nabi. Jika masih sama, hendaklah yang lebih dahulu hijrah. Dan jika masih sama hendaklah yang lebih tua umurnya." (HR. Muslim)

Kriteria imam menurut hadis di atas adalah afdhaliyah. Karena itu hendaklah diusahakan mengangkat imam yang fasih bacaannya, jika tidak didapat maka diimami oleh yang tidak fasih maka berjamaahnya sah. Andaikan terjadi kesalahan bacaan dari imam, maka kesalahan itu untuk imam. Sebagaimana keterangan berikut:

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ يُصَلُّونَ لَكُمْ فَإِنْ أَصَابُوا فَلَكُمْ وَإِنْ أَخْطَئُوا فَلَكُمْ وَعَلَيْهِمْ.
Dari Abu Hurairah, bahwa Rasulullah Saw bersabda, "Para imam shalat memimpin kalian. Maka jika dia benar, mereka mendapat pahala dan kalian juga mendapatkan pahalanya. Namun bila dia salah kalian tetap mendapatkan pahala dan mereka mendapatkan dosa." (HR. al-Bukhari)

HALAMAN | 39
RISALAH NO . 04 THN. 58 - JULI 2020.

THAIFAH MUTAFAQQIHINA FIDDIN
Ustadz H. M. Romli | Ustadz H. Zae Nandang | Ustadz H. Rahmat Najieb | Ustadz H. Uus M Ruhiyat | Ustadz H. Wawa Suryana | Ustadz H. U. Jalaluddin | Ustadz H. Amin Muchtar.

Post a Comment

Terima kasih telah berkomentar, kritik dan saran yang membangun sangatlah diharapkan

Lebih baru Lebih lama